Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Dapodik 2013 Diambang Kegagalan?

Sedari awal aplikasi dapodik 2013 memang bermasalah, aplikasi yang belum sempurna namun sudah diluncurkan. Bisa kita amati dari update patch yang dilakukan pihak pengembang setiap bulannya. Selain itu kualitas dan kuantitas server yang kurang memadai juga menjadi kendala saat sinkronisasi/pengiriman data dapodik ke server pusat. Sehingga banyak operator yang galau gara-gara aplikasi "premature" ini.



program aplikasi dapodik 2013 diambang kegagalan, benarkah? penyebab dapodik 2013 gagal. saatnya mengibarkan bendera putih untuk dapodik 2013
kegagalan aplikasi dapodik 2013



beberapa hari yang lalu pimpinan pengembang dapodik lewat akun facebooknya di grup pendataan pusat menelorkan status yang isinya
" ... batas waktu pengiriman data dapodikdas 2014 semester 2 akan di perpanjang sesuai dengan kebutuhan transaksional masing-masing unit kerja di lingkungan ditjen dikdas, (Dit.PSD, Dit.PSMP,Dit. P2TK dikdas, PKLK dikdas). kebutuhan data untuk pencairan tunjangan profesi guru menurut jadwal p2tk dikdas adalah akhir bulan februari. Mengingat kendala sinkronisasi dikarenakan lonjakan traffic sync yang sangat tinggi akhir-akhir ini, diharapkan sekolah yang datanya sudah valid dan sesuai di web infopendataan tidak melakukan sinkronisasi kembali. Sedang diupayakan optimasi sinkronisasi di bagian server ..."

Jika dilihat dari status di atas bisa dimaknai alias ditafsirkan begini:


Kami (Tim Dapodik) tidak lagi membatasi jadwal sinkronisasi DAPODIK. Karena penentuan batas waktu sinkronisasi DAPODIK tanggungjawabnya telah dialihkan ke unit kerja lain yang membutuhkan data dari DAPODIK. Sisi lain apakah kondisi datanya lengkap, valid/invalid juga terserah penilaian dari unit lain tersebut.

Kami kesulitan mengendalikan sekolah untuk terus menerus sinkronisasi ke server pusat sehingga beban pada server pusat menjadi berat dan berdampak sering down. Beragam cara sudah kami coba solusikan namun masih belum terselesaikan juga masalahnya, kami masih mencoba bertahan mencari solusi lain namun kali ini tidak ada jaminan kapan dapat terselesaikan.

Demikian harap dapat dimaklumi adanya.

Muncul pertanyaan, apakah dapodik 2013 diambang kegagalan, Bisa jadi. Sejak aplikasi dapodik 2013 diluncurkan Oktober 2013 hingga Februari 2014 ini  permasalahan terkait dapodik  selalu saja muncul. Terutama saat sinkronisasi dan aplikasi yang njelimet. Sinkronisasi yang betul-betul bisa dipahami hanya di versi 2.05, setelah update ke versi 2.06 malah semakin membingungkan operator.

Bagaimana realisasi tunjangan profesi, tunjangan khusus, tunjangan fungsional yang rencananya data akan diambil dari server P2TK dan data sinkronisasi dapodik? Jika melihat kondisi seperti saat ini, pesimis rasanya hal ini bakal terwujud dalam waktu dekat. Untuk mengecek data PTK di lembar info guru saja sulitnya bukan main untuk mengaksesnya, belum lagi data yang ditampilkan berbeda dengan aplikasi dan sinkronisasi.

Saat ini sudah diluncurkan Aplikasi BSD yaitu aplikasi Back up dapodik yang hasil back upnya harus diserahkan ke OP tunjangan Kabupaten. silakan buka di sini.

Ach sudahlah Anda operator sudah tahu segala macam permasalahan di dapodikdas 2013 ini.

Related Posts