Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Aplikasi BSD 207 untuk Dapodik 2.07c

Sebagaimana kakak kandungnya BSD versi 2.06. Kali ini baru sore tadi pihak P2TK meluncurkan aplikasi BSD versi terbaru khusus untuk dapodikdas versi 2.07. Aplikasi BSD versi 2.07 ini adalah sebagai upaya pengambilan data akibat kegagalan sinkronisasi serta kegagalan penambilan data dari server dapodik ke server P2TK.


Hal penting yang perlu diperhatikan adalah ukuran hasil back up BSD yang harus lebih dari 4 kb, jika kurang berarti ada kesalahan teknis penggunaan.BSD versi 2.07 berbeda dengan versi sebelum nya, di BSD 2.07 para operator sekolah bisa langsung mengirimkan hasil backup secara otomatis (secara online tentunya) langsung ke server P2TK DIKDAS, jadi sekolah tidak perlu kirim ke dinas pendidikan / op tunjangan kab/kota

P2TK akan memakai BSD hingga waktu yang belum ditentukan, BSD 2.07 ini digunakan oleh P2TK DIKDAS untuk keperluan tunjangan, penilaian angka kredit dan penentuan siapa yg bisa di Inpasing bagi Guru Bukan PNS pada tahun 2014.

Oke kita ikuti cara instal dan penggunaan aplikasi BSD ini:

1. Pastikan anda sudah memakai dapodikdas versi 2.07c

1. Download dulu Installer BSD nya di :

atau di
http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id/bsd/aplikasibsd.exe

2. Jika pernah memakai BSD pada versi 2.06 sebaiknya dihapus dulu/ uninstal BSD 2.06, masuk ke control panel atau  sebagai contoh buka artikel cara uninstal aplikasi dapodik


3. Setelah Installer BSD 2.07 terbaru di donload silakan instal dgn cara sbb;

a. Klik 2 kali pada Installer atau klik kanan pilih run as administrator > Klik Next

b. Muncul License Agreement > Klik I Accept The Agreement > Klik Next

c. Tujuan Instalasi aplikasi, Biarkan Saja. Teruskan Klik Next.

d. Akan muncul seperti gambar di bawah ini, pilih Yes


download aplikasi bsd dapodikdas 2.07 versi terbaru untuk dapodik. BSD berguna untuk yang gagal sinkronisasi. Sinkronisasi sukses tapi info guru dan lapor tunjanagn masih merah BSD kirim lan
BSD 2.07
e. Klik Next untuk pilihan folder aplikasi BSD nya

f. tawaran untuk memasang icon pada desktop sangat disarankan untuk mempermudah penggunaan, pilih Create desktop icon kemudian pilih tombol Next.

g. Klik Install, tunggu beberapa menit, teragntung keadaan dan kondisi laptop/komputer operator. lalu klik Finish untuk menyelesaikan proses instalasi BSD 2.07


Proses Instal selesai. selanjutnya adalah cara penggunaan dan back up BSD. Instalasi BSD 207 secara otomatis akan menggantikan BSD versi terdahulu.

1. cari ikon di desktop komputer, klik KANAN icon tersebut pilih run as adminsitraror

2. Akan muncul nama sekolah Klik lanjutkan

3. Pada proses berikutnya (setelah klik tombol lanjutkan berarti secara otomatis adalah proses pengiriman data keserver P2TK, di sinilah beda antara BSD lama dan terbaru.Perbedaannya juga terdapat pada nama file hasil back up.

4. Jika berhasil mengirim akan muncul gambar seperti di bawah ini

aflikasi bsd 270 2.07

Sebaliknya jika gagal akan muncul tulisan gagal karena pihak P2TK membatasi kiriman BSD setiap harinya untuk tiap sekolah. Jangan Lupa klik tombol simpan untuk menyimpan hasil back up nya di laptop kita. Selesai proses instal dan cara kirim dan penggunaan aplikasi BSD 2.07. Silakan buat rekan-rekan yang masih ada PTK yang datanya invalid, masih merah, belum keluar SK   jika ada kesalahan pengisian dapodik silakan perbaiki dahulu. lalu gunakan aplikasi BSD terbaru 2.07 ini sebagai ganti alternatif sinkronisasi yang njelimet.

Silakan baca tulisan dalam gambar di bawah terkait aplikasi BSD terutama permasalahan gagal kirim ke server P2TK 

kegagalan kirim ke server pengiriman BSD, hasil back up BSD 207
Update; jika pengiriman gagal, operator bisa mengirimkan hasil back up BSD (berekstensi/format std) ke operator sim tunjangan kabupaten kota. sama seperti proses BSD 2.06. Ingat formatnya berbeda dengan BSD versi 2.06.



YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENGIRIM BSD adalah silakan centang keaktifan PTK (masuk ke tab PTK > Penugasan 2013/2014) hingga bulan Juni, dan ini sesuai dgn saran/perintah/suruhan nazarudin Kompetan admin P2TKDikdas.
Jika muncul tulisan  bsd terkirim tapi hasil versi lama abaikan saja, tidak apa-apa yang penting ukuran file lebih dari 4 Kb. pendidikan masih merah-merah silakan ganti aplikasi  aplikasi BSD terbaru di
http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id/bsd/aplikasibsd.exe

Related Posts