Back To Top

Tunjangan Profesi Non PNS Kemenag Cair April 2015

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Sebagaimana  guru non PNS pada kemdikbud di Kementerian Agama ada hal serupa yakni proses pemberian tunjangan profesi/sertifikasi guru non PNS.

Dilansir dari jpnn.com proses pencairan TPG Non PNS di lingkungan Kemenag tersebut akan dimulai bulan April 2015. Sekjen Kemenag Nur Syam mengatakan, Kemenag baru saja mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) 43/2014 tentang tata cara pembayaran TPG bagi guru bukan PNS (GBPNS). "Dalam aturan ini, memang dinyatakan bahwa pencairan 2015 di mulai Januari. Tetapi rasanya tidak bisa dicairkan Januari,"


Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi guru kemenag non PNS untuk mendapatkan tunjangan profesi itu.

  • mengajar minimal 24 kali tatap muka/pekan sebagai guru mata pelajaran atau guru kelas. 
  • memenuhi beban mengajar 6 kali tatap muka bagi guru yang ditunjuk menjadi kepala sekolah.
  • memenuhi  beban mengajar 12 kali tatap muka, bagi guru yang ditujuk menjadi wakil kepala sekolah.  
  • untuk guru bimbingan konseling, harus melakukan pendampingan minimal kepada 150 siswa.
  • guru harus mengajar mata pelajaran sesuai dengan sertifikat profesinya. Jika ada guru yang memiliki lebih dari satu sertifikat profesi, yang diakui hanya salah satu saja.
tunjangan profesi guru nin pns di lingkungan kementerian agama (kemenag) tata cara pembayaran, syarat mendapatkan tunjangan guru non pns kemenag

Nur Syam menjelaskan besaran TPG bagi guru non-PNS ditetapkan sebesar Rp 1,5 juta per bulan. Nominal ini dikecualikan bagi guru-guru non-PNS yang mengikuti program inpassing (penyetaraan). Guru yang mengikuti program penyetaraan, mendapatkan TPG seperti PNS untuk golongan pangkat tertentu sesuai dengan tingkatan inpassing-nya.

Download peraturan menteri agama no 43 tahun 2014  di link ini


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



8 komentar

segala puji bagi Allah atas rahmat dan karuniaNya. Semoga program inpassing bisa disegerakan prosesinya, sehingga ada nuansa keadilan antara yang lulus sertifikasi yang terdahulu dengan yang baru.

Guru PNS sejahtera,,, kami guru madrasah honorer juga ingin merasakan keadilan ( inpassing guru kunanti realisasimu ) sebagai bebungah kami GTT, GTY,,, swon bpk menteri agama,

Saya sangat setuju sekali karena dengan adanya inpassing atau penyetaraan golongan maka guru GBPNS yang telah lama mengabdi benar-benar dihargai dan semoga bukan sekedar basa basi cepat realisasikan ...............!!!!!!!

ngajukan inpassing thun 2011 n baru dpt SK inpassing thun 2013,...smpe skrg inpassingx g cair2.kumaha atuh pak menteri?

jangan mengumbar janji2 aja pak, sekarang sudah bulan april tapi belum cair juga tuh...berikan kami alasan yang jelas agar kami tidak berprasangka buruk.

Bosen janji janji gombal..Segera saja REALISASIKAN pencairan TPG dari 4 bln terakhir 2014 dan 2015 (7 bulan)

saya gak percaya tuh omongan pejabat kemenag tidak ada yang tepat janjinya, lalu cari alasan2 yang diberdasar.

Program impassing kapan sih realisasinya...........?