Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Di Dapodik, Guru Wajib Punya Email; Membuat Akun PTK


Dapodik versi 4.1.0 sudah lahir dengan beberapa tambahan fitur baru yakni membuat akun ptk di tab penugasan PTK. Akun PTK yang dimaksud di sini adalah username berupa email pribadi guru yang masih aktif. Serta password akun PTK.

Untuk membuat akun ptk di dapodik ini silakan masuk ke aplikasi dapodik, Klik Tab PTK, Pilih salah sau PTK, Klik Menu Penugasan

buat akun ptk dapodik

Untuk membuat akun PTK ini operator sekolah dapodik wajib mengisi email aktif si guru di data utama PTK (Klik PTK ybs, klik ubah) Maka akan muncul di penugasan PTK seperti pada gambar di atas. Yang harus di isi adalah password, bagaimana mengisinya? Sebaiknya gurunya sendiri yang mengetahui dan mengisi password tersebut.

Untuk apa akun PTK tersebut?

Akun ini akan digunakan oleh PTK untuk keperluan transaksi login semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK seperti cek info guru di info GTK dll.




Mengapa harus membuat akun PTK?
Salah satu transaksi aplikasi guru dan Ditjen GTK adalah cek info guru / GTK. (lihat gambar di atas) Jika Melihat cara login yang ada sangat mudah bagi siapapun untuk login disana. karena cuma menggunakan NUPTK dan tanggal lahir. Sangat mudah bagi seseorang mengintip, mencuri dan menggunakan data yang ada di Info GTK tersebut. Kalau tidak dipakai hal negatif tentu tidak masalah, namun jika dipakai untuk tindakan kriminal misalnya penipuan, tentunya berbahaya bagi guru itu sendiri. Nah disinilah maksud pembuatan akun PTK tersebut.

Jika guru sudah dibuatkan akun PTK, maka guru yang bersangkutan tentunya menggunakan email dan password yang sudah dimasukkan di aplikasi dapodik tadi, tidak lagi menggunakan NUPTK, NRG ataupun NIK yang selama ini dipakai.

Bagaimana jika tidak dibuatkan akun PTK tadi? Hmmm admin pribadi belum bisa memastikan apakah prosedur lama masih bisa dipake atau tidak untuk login di info GTK tadi.

Nah Bapak Ibu guru, silakan hubungi operator sekolah Anda untuk membuat akun ptk ini.

Related Posts