Back To Top

Bagaimana Sinkronisasi Dianggap Sukses di Dapodik?

Selamat Datang Di Web Info Guru dan Pendidikan
Kendala utama yang dihadapi Operator sekolah dalam dapodik 2013 adalah masalah sinkronisasi. Banyak pertanyaan di kalangan operator, bagaimana sih sinkronisasi yang berhasil itu? Sudah sinkronisasi kok peserta didik baru /pindahan dan PTK baru belum bisa ditambahkan ke tabel utama. 

Ada beberapa faktor agar sinkronisasi dapodik bisa berhasil:
1. Pastikan proses sinkronisasi dilakukan pada jam-jam sepi. Kira-kira jam berapa waktu yang pas saat singkronisasi? Jika melihat dari aktivitas kita sebagai operator, sinkronisasi sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau dini hari (saat sepi)

2. Jangan rebutan/tergesa-gesa melakukan sinkronisasi, pastikan data yang dinput sudah benar. Dibawa santai aja. Toh masih ada waktu hingga 31 Desember 2013 untuk sinkronisasi data semester Ganjil 2013/2014.

3. Server dan website dapodik saat ini sedang sibuk-sibuknya. Banjir pengunjung jadi cukup sulit untuk bisa mengirimkan data kesana. apalagi masih ada yang download patch 2.04 yang baru. Jadi. tunggu 3-4 hari ke depan.

Kembali ke laptop !

Nah sesuai judul di atas bagaimana sinkronisasi dianggap masuk atau berhasil?

1. Nama sekolah ada di progress pengiriman. Buka http://118.98.166.59/exreport, cari propinsi sekolah Anda, klik nama kabupaten dan kecamatan.

2. Nama sekolah ada di bagian kanan website (Namun bagi operator ini tentu berat dilakukan, karena tidak mungkin terus melototi layar monitor di web site dapodik. Cara no 1 di atas tentu paling rasional.

bagaimana ciri-ciri atau tampilan sinkronisasi yang sukses didapodik 2013? tips agar proses syncronisasi dapodik 2.04 bisa berhasil


3. Login ke manajemen pendataan bisa. Sekarang klik atau buka alamat berikut. http://118.98.166.59/acc/login


Masukkan username/email dan password yang sama dengan diaplikasi dapodik di laptop Anda. Jika bisa berarti syncronisasi berhasil.

4. Sinkronisasi yang dianggap berhasil di versi 2.04 ini minimal dilakukan 2 kali. dengan jeda waktu minimal 20 menit. Pada sinkron pertama adalah proses pengiriman data ke server dapodik, dan sinkronisasi yang kedua adalah proses memasukkan data dari server ke aplikasi dapodik kita, Nah setelah kita melewati proses yang kedua inilah data peserta didik tambahan/siswa mutasi dan PTK baru bisa dimasukkan ke tabel utama.

5. Muncul tanggal dan waktu selesai syncronisasi di kanan bawah aplikasi / update log sinkronisasi.

bagaimana ciri-ciri atau tampilan sinkronisasi yang sukses didapodik 2013? tips agar proses syncronisasi dapodik 2.04 bisa berhasil

gambar di atas menunjukkan sinkronisasi yang berhasil dan tidak berhasil. Selesai Sync artinya sukses data yang terkirim ke pusat.

Tambahan
bagaimana ciri-ciri atau tampilan sinkronisasi yang sukses didapodik 2013? tips agar proses syncronisasi dapodik 2.04 bisa berhasil. mohon pilih data yang gagal ditemukan di server.

Sinkronisasi saat bermasalah ini karena server (tempat penyimpanan data ) pusat kapasitasnya kecil jadi agak sulit bagi kita untuk menembusnya.




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



1 komentar:

sync..... kdu d wktu sepiii.... sepi.... kpan ad wktu OPS tuk istrahat, yah.... klw ad money mah.... rsa cpeh jd hilang. tp.......????????
hufff..... kcianx dc jd OPS!!