Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Memasukkan Siswa Pindahan di Dapodik

Sebenarnya tulisan ini agak telat, tapi barangkali ada operator yang baru melakukan pengisian bisa terbantu dengan tulisan. Status siswa ada 2 yaitu siswa baru (artinya siswa tersebut memang sudah dari awal kelas 1 ada di sekolah tersebut) dan siswa pindahan (mutasi dari sekolah lain).

Selain itu ada pula pertanyaan dari teman operator bagaimana jika siswa tersebut belum sempat atau ketinggalan saat input dapodik 2012. Tidak ada pilihan lain kecuali kita masukkan sebagai siswa mutasi / pindahan walau kita tahu sebenarnya mereka sudah kelas 3, 4, 5, atau 6. Bisakah dimasukkan sebagai siswa kelas 1 kemudian saat di rombel di ubah dimasukkan kelas rombel yang lebih tinggi? Tidak bisa, ini sudah saya coba.

Nah silakan ikuti tutorial cara menambahkan siswa pindahan ke aplikasi dapodik

1. Buka aplikasi Dapodik > Klik Tab Peserta Didik > Klik tombol Tambah


2. Klik Tambah, nanti akan terbuka form memasukkan nama siswa pindahan, Jenis kelamin, NISN (jika ada) NIK )Nomor Induk Kependudukan, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung (wajib di isi) dan Jenis Pendaftaran ( Klik tanda panah kecil pilih siswa baru jika siswa tersebut lupa/tidak sempat terinput di dapodik tahun 2012 dan pindahan jika siswa mutasi dan baru masuk di tahun ajaran 2013/2014


Klik simpan jika data sudah lengkap.

Catatan, Peserta didik yang ada belum bisa dipindahkan ke tabel utama, jika belum disinkronisasi.

Related Posts