Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Alur dan Arus Sinkronisasi Dapodik Hingga Cek Info GTK

Beberapa rekan operator mungkin masih bingung mengapa data sinkronisasi yang kita kirimkan berbeda dengan hasil cek lembar info guru. Nah Ada baiknya kita pahami dulu alur sinkronisasi hingga data yang muncul di LAMAN  info GTK serta cek tunjangan SKTP


1. Data diolah dan diupload/sincron dari komputer sekolah/operator

2. Masuk dalam server utama dapodik (biasanya tidak ada delay kecuali server sedang maintenance)

3. Data yang masuk diserver utama direplikasi kebeberapa server replikasi seperti server PDSP, server replikasi untuk pelayanan dan lainnya.

4. Karena besarnya data dari server utama dan banyaknya koneksi aplikasi dapodikdasmen serta dapodik PAUD kedalam server utama maka replikasi yang dilakukan biasanya terjadi delay (saat saya buat tulisan ini delay yang terjadi antara 2-3 hari. hasil investigasi dengan operator sekolah yang menjadi sukarelawan )

5. INFO GTK akan mengambil data dari server replikasi yang dilakukan setiap satu hari sekali (ingat satu hari cuma ambil data satu kali) rencananya akan dilakukan dimalam hari antara jam 22 malam - 02 pagi. (saat tulisan ini di tulis sinkron masih belum sesuai jadwal, masih dilakukan lebih dari 2 kali sehari).

6. Setelah data ditarik dari server replikasi dan masuk di Server INFO GTK, sistem yang ada di laman Info GTK akan melakukan verifikasi data, proses verifikasi otomatis dilakukan oleh sistem tidak dilakukan manual (itu sebabnya Info GTK tidak menerima berkas).

7. Setelah verifikasi selesai baru info GTK bisa di nikmati oleh guru, operator sekolah, operator tunjangan dan siapapun yang ingin melihat validitas data ptk melalui website yang telah disediakan.

8. Karena besarnya animo guru, operator sekolah, operator tunjangan dan masyarakat lainnya yang ingin melihat validitas data PTK, sehingga server P2TK sering kali crash, oleh karena itu untuk memecah beban server, P2TK menyiapkan beberapa link yang dapat digunakan untuk melihat info GTK :
http://223.27.144.195:8081/info
http://223.27.144.195:8082/info
http://223.27.144.195:8083/info
http://223.27.144.195:8084/info
http://223.27.144.195:8085/info

Demikian penjelasn singkat skema arus data dapodik sampai ke INFO GTK. Di copy dari tulisan Bapak Nazarudin Kompetan Operator Tunjangan Pusat

Related Posts