Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013

Prinsip pembelajaran  pada kurikulum 2013 menekankan perubahan paradigma:
  1. peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu; 
  2. guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar; 
  3. pendekatan  tekstual  menjadi pendekatan  proses  sebagai  penguatan penggunaan pendekatan ilmiah; 
  4. pembelajaran  berbasis  konten  menjadi  pembelajaran  berbasis kompetensi; 
  5. pembelajaran parsial menjadi pembelajaran terpadu;
  6. pembelajaran  yang  menekankan  jawaban  tunggal  menjadi pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi; 
  7. pembelajaran verbalisme menjadi keterampilan aplikatif; 
  8. peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan  fisikal  (hardskills) dan keterampilan mental (softskills); 
  9. pembelajaran  yang  mengutamakan  pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pebelajar sepanjang hayat; 
  10. pembelajaran  yang  menerapkan  nilai-nilai  dengan  memberi keteladanan (ing  ngarso  sung  tulodo), membangun kemauan  (ing  madyo mangun  karso),  dan  mengembangkan  kreativitas  peserta  didik  dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani); 
  11. pembelajaran yang  berlangsung  di  rumah,  di  sekolah,  dan  di masyarakat; 
  12. pembelajaran  yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas; 
  13. pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan 
  14. pengakuan  atas perbedaan  individual dan  latar  belakang budaya peserta didik

Related Posts