Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Pengamatan Sikap

proses pengamatan/penilaian sikap dalam penilaian otentik Penilaian-diri (self assessment Penilaian antar temanPenilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Pengamatan Sikap
Penilaian sikap melalui pengamatan dapat menggunakan jurnal, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Jurnal adalah catatan pendidik yang sistematis di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal dapat memuat penilaian siswa terhadap aspek tertentu secara kronologis.


Kriteria penilaian jurnal adalah sbb:
•    Mengukur capaian kompetensi sikap yang penting.
•    Sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator.
•    Menggunakan format yang sederhana dan mudah diisi/digunakan.
•    Dapat dibuat rekapitulasi tampilan sikap peserta didik secara kronologis.
•    Memungkinkan untuk dilakukannya pencatatan yang sistematis, jelas dan komunikatif.
•    Format pencatatan memudahkan dalam pemaknaan terhadap tampilan sikap peserta didik
•    menuntun guru untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan peserta didik.


Penilaian-diri (self assessment) termasuk dalam rumpun penilaian kinerja. Penilaian diri merupakan suatu teknik penilaian di mana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status,  proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu.

Teknik penilaian diri dapat digunakan untuk mengukur kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor.
  1. Penilaian ranah sikap Misalnya, peserta didik diminta mengungkapkan curahan perasaannya terhadap suatu objek tertentu berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan;
  2. Penilaian ranah keterampilan Misalnya,  peserta didik diminta untuk menilai kecakapan atau keterampilan yang telah dikuasainya oleh dirinya berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan;
  3. Penilaian ranah pengetahuan  Misalnya, peserta didik diminta untuk menilai penguasaan pengetahuan dan keterampilan berpikir sebagai hasil belajar dari suatu mata pelajaran tertentu berdasarkan atas kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
Teknik penilaian-diri bermanfaat memiliki beberapa manfaat positif. Pertama, menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik. Kedua, peserta didik menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya. Ketiga, mendorong, membiasakan, dan melatih peserta didik  berperilaku jujur. Keempat, menumbuhkan semangat untuk maju secara personal.

Penilaian antar teman adalah penilaian yang dilakukan terhadap sikap seorang peserta didik oleh seorang (atau lebih) peserta didik lainnya dalam suatu kelas atau rombongan belajar. Penilaian ini merupakan bentuk penilaian untuk melatih peserta didik penilai menjadi pembelajar yang baik. Instrumen sesuai dengan kompetensi  dan indikator yang akan diukur. Kriteria penilaian antar teman adalah sbb:
  • Indikator dapat dilakukan melalui pengamatan oleh peserta didik
  • Kriteria penilaian dirumuskan secara simpel atau sederhana
  • Menggunakan bahasa lugas dan dapat dipahami peserta didik
  • Menggunakan format penilaian sederhana dan mudah digunakan oleh peserta didik
  • Kriteria penilaian yang digunakan jelas, tidak berpotensi munculnya penafsiran makna ganda/berbeda
  • Indikator menunjukkan  sikap peserta didik dalam situasi yang nyata atau sebenarnya
  • Instrumen dapat mengukur target kemampuan yang akan diukur (valid)
  • Memuat indikator kunci atau esensial yang menunjukkan penguasaan satu kompetensi peserta didik
  • Indikator menunjukkan sikap yang dapat diukur
  • Mampu memetakan sikap peserta didik dari kemampuan pada level terendah sampai kemampuan tertinggi.

Related Posts