Back To Top

Cara Edit/Hapus Data di Dapodik

Selamat Datang Di Web Info Guru dan Pendidikan

 Update dan Warning

Jika terdapat kesalahan input nama peserta didik dan PTK, jangan pernah mengubah dengan inspect elemen, diusahakan juga jangan dihapus namun dengan memakai verval PD  dan verval PTK. Sesuai dengan FAQ (tanya jawab dapodikdas 2014) yang bisa di download di sini


cara edit data siswa, jangan edit dengan inspect elemen
edit data siswa
Kendala atau permasalahan utama pada aplikasi dapodik 3.00 ini salah satunya adalah cara mengubah data tanggal lahir atau nama yang salah misalnya nama siswa atau guru. Pada dapodik 2.07 oleh pengembang aplikasi dapodik sudah dikunci / didisable fitur pengeditan nama dan tanggal lahir peserta didik dan guru. Cukup banyak alasan mengapa hal ini (penguncian) dilakukan. Salah satunya agar operator tidak asal-asalan input data, serta untuk keperluan verval NISN/peserta didik.

Dari sebagian blog saya membaca ada satu teknik yaitu mengubah kode dalam aplikasi, yang barang tentu tidak semua operator bisa melakukannya terkecuali mereka yang sudah lama berkecimpung mengenal coding/ komputer. Lagipula hal ini sangat tidak disarankan karena dapat merusak data di server dapodik itu sendiri.

Jika saya boleh menyarankan lebih baik menghapus data diaplikasi daripada mengedit nama dan tanggal lahir yang sudah jelas-jelas ada dalam server dapodik dan PDSP (terkait verval peserta didik). Kemudian kita input ulang.

Nah bagaimana cara menghapus data diaplikasi dapodik. Jadi yang saya maksud disini adalah data yang ada di tab-tab utama, peserta didik, PTK, prasarana dll.

Pertama kali kita harus mengenali dulu apa yang disebut data turunan, yaitu data Data anak; data-data lain yang mengacu atau menggunakan data induknya.


Sebagai contoh saya akan menghapus data seorang siswa bernama Citra Sari siswa kelas 1.

Masuk ke tab peserta didik, Klik nama siswa ybs, lalu Klik Hapus maka akan muncul pemberitahuan Bagi Peserta Didik yg sudah lulus, harap keluarkan melalui tombol Registrasi, Klik Ya

cara edit data siswa didapodik, cara hapus data di dapodik, edit hapus data ptk / guru di dapodikdas 2014, cara hapus data prasarana di dapodik 3.00

Muncul seperti gambar di atas, namun kita tidak bisa menghapus. Karena masih ada DATA TURUNAN yang belum dihapus pada data peserta didik tersebut, seperti registrasi PD, Data rinci periodik PD serta masuk anggota rombel. nah ketiga item inilah yang harus dihapus terlebih dahulu.
  1. Jika data rinci periodik, Klik nama PD > Klik Ubah > Lihat data rincipaling bawah > Klik hapus
  2. Jika anggota rombel, masuk ke tab Rombongan Belajar > Pilih nama rombel yang data siswanya ada di rombel tersebut >Klik Anggota rombel > Klik Keluarkan anggota rombel.
  3. Jika Registrasi PD > Klik Nama Siswa > Klik Registrasi > Klik Hapus
menghapus data ptk peserta didik murid nama dan tanggal lahir salah

 Maka data turunna menjadi 0,dan data peserta didik keseluruhan bisa dihapus.

cara edit data siswa didapodik, cara hapus data di dapodik, edit hapus data ptk / guru di dapodikdas 2014, cara hapus data prasarana di dapodik 3.00

Pertanyaannya, bagaimana jika siswa tersebut kelas 2 ke atas yang data turunannya masing-masing lebih dari satu? Prosesnya adalah bergantian login ke semester 1 dan 2 tahun ajaran sebelumnya. Keluar dulu pada aplikasi, lalu login di tahun ajaran sebelumnya. Lakukan ulang seperti 3 tahapan di atas.

Catatan:
Cara ini juga bisa dilakukan terhadap data PTK/Guru dan sarana/prasarana. Ingat hapus data turunan keseluruhan tiap tahun ajaran (ada 3 semester). pastikan data turunan sudah 0, maka data utama baru bisa dihapus.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



1 komentar:

dengan menghapus data (PTK) kemudian kita input data baru lagi, karena sebelumnya ada kesalahan. apakah ini nantinya tidak akan mengakibatkan double record??? mohon pencerahannya