Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Kenali Gaya Belajar Anak dan Strategi Mengoptimalkannya

Setiap anak adalah unik. Mengapa unik? Hal ini dikarenakan setiap anak memiliki cara-cara tersendiri yang memudahkan mereka dalam melakukan kegiatan berpikir, memproses dan mengerti suatu informasi yang biasa disebut dengan belajar.
gaya belajar kinestetik, visual auditori
gaya belajar anak

Seseorang yang belajar dengan menggunakan gaya belajar yang sesuai dengan dirinya akan mencapai nilai yang jauh lebih baik dibandingkan dengan orang yang belajar dengan gaya belajar yang tidak sesuai dengan dirinya. Oleh karena itu, sebaiknya setiap anak dapat mengeksplorasi gaya belajarnya masing-masing agar dapat mempelajari sesuatu dengan maksimal.

Adapun gaya-gaya belajar antara lain:

  1. Gaya belajar Visual yaitu gaya belajar yang lebih memudahkan seseorang untuk menyerap informasi dengan membaca tulisan-tulisan, gambar-gambar ,seperti membaca buku, mempelajari diagram, grafik ataupun video.
  2. Gaya belajar Auditori yaitu gaya belajar yang lebih memudahkan seseorang untuk menyerap informasi dengan mendengarkan informasi-informasi yang diberikan, seperti mendengarkan ceramah/penjelasan ataupun mengikuti tanya jawab.
  3. Gaya belajar Kinestetik yaitu gaya belajar yang lebih memudahkan seseorang untuk menyerap informasi dengan melakukan gerakan-gerakan (melibatkan aktifitas fisik) seperti mencoret-coret pada saat belajar, berjalan mondar-mandir, menggerak-gerakkan tangan, atau melakukan percobaan.

Anda dapat membantu anak Anda untuk mengenal gaya belajarnya dengan mengisi kuis di bawah ini. Mintalah anak Anda untuk mengerjakan tes dalam mengenali gaya belajar anak.

Related Posts