Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Modul PKP Mapel PJOK SD

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan kegiatan pengembangan profesional guru untuk meningkatkan kompetensinya. Diharapkan kegiatan PKB dapat meningkatkan kompetensi
pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masa depan yang berkaitan dengan profesi guru. PKB dikembangkan atas dasar profil kinerja guru sebagai perwujudan hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan didukung dengan hasil evaluasi diri.


Apabila hasil penilaian kinerja guru masih berada di bawah standar kompetensi yang dipersyaratkan dalam penilaian kinerja guru, maka guru diwajibkan untuk mengikuti program pengembangan keprofesian
berkelanjutan yang diorientasikan sebagai pembinaan dalam pencapaian standar kompetensi guru. Sementara itu, guru yang hasil penilaian kinerjanya telah mencapai standar kompetensi yang dipersyaratkan dalam penilaian kinerja guru, kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan diarahkan kepada pengembangan kompetensi untuk memenuhi layanan pembelajaran berkualitas dan peningkatan karir guru. Pelaksanaan kegiatan PKB diharapkan dapat menciptakan guru profesional, bukan hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang luas, tetapi juga memiliki kepribadian yang matang.. Sebagai pembelajar abad 21
guru mampu mengikuti perkembangan ilmu dalam bidangnya sebagai bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai standar kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Sementara untuk pengukuran capaian siswa berdasarkan ujian sekolah dalam kurikulum 2013 untuk ranah pengetahuan bahwa masih terdapat soal-soal yang belum menunjukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skill) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena diharapkan pembiasan dengan soal-soal dan pembelajaran HOTS agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Untuk mewujudkan salah satu tujuan di atas maka disusunlah satu unit pembelajaran permainan kasti pada mata pelajaran PJOK yang merupakan pendukung dari program Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi ini, yang akan dijadikan pegangan dan referensi guru PJOK untuk bisa mengembangkan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik materi dan kartakteristik peserta didik sehingga kompetensi yang akan dikembangkan bisa dicapai.

Silakan diunduh 5 Unit Pembelajaran Modul PKP PKB Mapel PJOK untuk SD

1. Kasti

2. Aktivitas Kebugaran

3. Meroda

4. Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Senam Aerobik

5. Kesehatan

Related Posts