Back To Top

Cara Mencari NISN Siswa

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru


NISN atau Nomor Induk Sekolah Nasional merupakan Nomor khusus yang diberikan kepada siswa di seluruh Indonesia, artinya setiap siswa memiliki nomer unik khusus yang berbeda-beda tiap siswa. Layanan NISN yang dulu begitu mudah diakses oleh operator sekolah di situs DAPODIK, mulai awal Januari 2012 lalu sudah ditutup. Banyak kesulitan yang ditemui para operator sekolah dengan berbagai alasan termasuk saya yang juga melakukan tugas tersebut.
cara mencari membuat nisn siswa kelas 12 sma smk kelas 3
cara mencari nisn kelas 12 yang mau lanjut kuliah

Saat ini banyak sekolah yang tidak memiliki database NISN siswanya karena tidak sempat mendownload data NISN pada situs Dapodik yang lama. Beruntung saya yang selalu ontime dan update situs dapodik di tahun 2011 lalu sempat mendownload database NISN siswa sekolah dasar (SD) saya sendiri.

NISN

Proses perpindahan siswa dan penerimaan siswa pun jadi agak ribet, Disatu sisi, siswa kelas 1 yang akan keluar pindah tidak bisa/belum sempat kita buatkan NISN nya, sedangkan siswa yang mutasi masuk tidak ada NISN dari sekolah asal.

Mencari NISN siswa sebenarnya bisa dilakukan di situs  http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data ,  Namun banyak terkendala, antara lain data siswa tidak ada.

Mengapa data siswa NISN yang ingin dicari yang telah dimasukkan tidak ada di situs tersebut?

Hal pertama adalah salah penulisan nama, tanggal lahir dan ataupun tempat lahir, Salah penulisan nama saja sudah pasti tidak akan muncul di hasil pencarian. Ini terjadi karena data-data yang kita masukkan (nama siswa, tanggal lahir dan tempat lahir) di kotak pencarian tidak COCOK dengan database NISN Kemdiknas. Dan saat memasukkan data di form harus tepat. Ini terjadi karena, data siswa di sekolah tidak sama dengan data di situs Kemdiknas, akibat kesalahan operator baik operator Disdik (pada saat pertama situs DAPODIK NISN di buka) maupun operator sekolah itu sendiri pada saat mengajukan usulan data NISN sebelum situs DAPODIK ditutup.

Sebenarnya lebih tepatnya adalah bukan kesalahan, bisa saja karena penyingkatan nama, misalnya Muhammad disingkat M. Tempat lahir berbeda pada saat pengusulan dan lain-lain.

Ini sudah saya buktikan sendiri, saat saya mencari dan memasukkan data siswa sebenarnya disekolah, tidak ada di situs NISN tersebut, PADAHAL... saya memiliki database siswa tersebut (yang sudah saya download sebelum dapodik tutup) namun karena saat pengajuan NISN di tahun 2008 oleh dinas pendidikan setempat agak keliru, akhirnya saat pencarian di situs NISN Kemdiknas, NISN dan siswa yang dicari tidak ada alias Nol Besar.

Dengan berbagai masalah di atas, banyak siswa SMP sekarang yang sedang duduk di kelas 3 SMP yang akan segera mengikuti UAS kesulitan mencari NISN nya. Mereka yang lulus SD tahun 2008, 2009 atau 2010 ingin mencari NISN sendiri di internet tapi tidak ada, sekolah SMP nya pun seolah lepas tangan dan menyerahkan ke SD lama, sedangkan SD lama tidak punya data NISN siswa alumninya, bagaimana?

NISN untuk siswa kelas 1 SD saat ini secara otomatis akan di buatkan via aplikasi dapodikdas 2013.

Nomor Induk Siswa Nasional, saat ini seolah menjadi harga mati bagi sebagian besar siswa terutama yang tidak mengetahui NISN nya sendiri. Siswa-siswa SMP terutama yang sedang duduk di kelas 9 (kelas 3 SMP) masing-masing sibuk mencari atau ingin mengetahui nomor induk siswa nasionalnya. Dengan sedikit ancaman dari pihak sekolah tempat siswa bersekolah, bahwa jika tidak memiliki NISN siswa tersebut tidak bisa mengikuti Ujian Akhir Nasional. Galau deech...

Kebanyakan sekolah menyerahkan kepada siswa yang bersangkutan untuk mencari sendiri NISN nya lewat internet. Hal ini bagi sebagian siswa cukup menyulitkan terutama yang gaptek, alias tidak pernah menggunakan internet. Mereka kebingungan, karena tidak tau bagaimana cara mencari dan mengetahui NISN nya dan website mana tempat untuk mencari NISN tersebut.

Buat Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mencari NISN tadi  akan share caranya.

1. Masuk ke alamat website http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data
2. Jika Anda sudah masuk ke alamat tadi, silakan masukkan Nama Lengkap, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir.

Klik tab/link Pencarian berdasarkan Nama, jika tidak diketahui NISN siswa

agar lebih jelas lihat gambar petunjuk di bawah

mencari nisn berdasarkan nama sekolah  download nisn  mencari nisn alumni  rekap data nisn  nisn siswa smp  mencari nisn per sekolah  mencari nisn berdasarkan nama sekolah dasar  cara mencari nisn di internet

Masukkan nama lengkap siswa, tempat lahir dan tanggal lahir, format penulisan tanggal lahir adalah tanggal lahir/bulan lahir/tahun lahir. Contoh: 09/12/1998 atau 01/01/2001

Kemudian Klik Cari

mencari nisn berdasarkan nama sekolah  download nisn  mencari nisn alumni  rekap data nisn  nisn siswa smp  mencari nisn per sekolah  mencari nisn berdasarkan nama sekolah dasar  cara mencari nisn di internet

Jika tidak keluar atau tidak ada data seperti gambar di bawah berarti NISN nya tidak ada.

Data NISN tidak ada hasilnya kemungkinan sebab terjadi karena;
1. Salah memasukkan nama, tempat dan tanggal lahir. Salah memasukkan 1 angka atau huruf misalnya nama berakibat nama dan NISN siswa tidak keluar. Jadi harus dilakukan hati-hati dan ulangi lagi.

2. Memang data siswa NISN belum pernah dibuat/diajukan/diusulkan oleh pihak sekolah

3. Bisa saja NISN nya ada, namun terkadang pihak sekolah atau operator "sembrono" memasukkan nama dan tempat tanggal lahir, sehingga antara pendaftaran usulan NISN dan saat pencarian NISN berbeda.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google