Back To Top

Testimoni Guru: Kurikulum 2013 Sangat Menarik

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Testimoni Guru: Kurikulum 2013 Sangat Menarik


Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang progresif dan menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Sedangkan guru, adalah garda terdepan dalam menerapkan kurikulum dan harus terus mengembangkan model belajar dan penilaian.

Sebagai seorang guru, Siti Haryati, guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SMP Negeri 6 Mataram, menilai Kurikulum 2013 memberi tantangan baru. "Saya sebagai guru merasakan kurikulum 2013 ini sangat menarik," katanya saat di temui di sekolah, pada hari Selasa (02/09/2014).

Siti mengatakan, Kurikulum 2013 menitikberatkan pada keaktifan, pengamatan dan penemuan siswa. Dalam melakukan pengamatan pada pelajaran IPA penambahan jam pelajaran 4 - 6 jam per minggu sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan ketika melakukan pengamatan, analisis data, menginverensi, sampai dengan mengkomunikasikannya diperlukan waktu yang cukup panjang, karena semuanya adalah satu urutan yang tidak terpisahkan.

"Penambahan jam saya rasa sangat bagus, karena siswa ketika melakukan penelitian sangat menyenangkan dan tidak menjenuhkan," katanya.

SMP Negeri 6 Mataram di tahun 2013 sudah menjadi sekolah sasaran penerapan Kurikulum 2013. Sebelum diimplementasikan, kata Siti, ia telah mendapat pelatihan guru sasaran selama dua minggu. "Dalam pelatihan Kurikulum 2013, saya terus pelajari konten materinya dan teknik penilaian siswa. Setelah dipelajari Kurikulum 2013 sangat bagus diterapkan," ujarnya.


Putu Sriwangi Astuti, Guru SDN 10 Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, sudah berpengalaman mengajar selama 26 tahun. Dan ketika menerapkan Kurikulum 2013 yang metodenya berbeda dengan kurikulum sebelumnya, Putu mengaku tidak mengalami kesulitan.
Berbekal pelatihan yang telah dijalaninya sebelum tahun pelajaran dimulai, Juli lalu, dengan percaya diri ia menyampaikan pembelajaran kepada para siswa siswinya. Mewakili teman-teman sesama guru di sekolah tersebut, Putu mengatakan para guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan baik.

Selain pelatihan, kata dia, buku-buku materi pembelajaran yang digunakan juga sudah diterima. Sehingga baik guru maupun siswa memiliki panduan yang sama dalam proses pembelajaran. “Jadi kami tidak mengalami kendala dalam implementasi kurikulum 2013 ini,” kata Putu saat diwawancarai di ruang guru di tempatnya mengajar, Rabu (03/09/2014)


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google