Back To Top

Persiapan Sertifikasi Guru / PPG 2016

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Bagi Anda guru yang belum pernah mengikuti sertifikasi guru maupun yang tidak lulus pada sertifikasi guru tahun tahun sebelumnya ada baiknya perlu mempersiapkan diri agar bisa mengikuti sertifikasi guru pada tahun 2016. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengikuti sertifikasi guru 2016.
oke ppg guruv2015
PPGJ 2016

  1. Sertifikasi Guru tidak lagi memakai PLPG namun sudah memakai format PPG
  2. Guru yang akan disertifikasi adalah guru yang diangkat sebelum 2005 baik PNS/Honorer
  3. Kuota untuk sertifikasi guru sebanyak 50ribu guru seluruh Indonesia dari 1.3 juta yang berhak mengikuti sertifikasi guru 2016
  4. Guru yang ingin mengikuti sertifikasi wajib  memiliki NUPTK (nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan)
  5. PPG dilaksanakan sekitar tiga bulan. Yakni, sebulan untuk pendidikan di kelas dan dua bulan praktik di lapangan.
  6. Guru wajib memperhatikan Kualifikasi pendidikan S1,  Program studi pendidikan S1,  Mata pelajaran yang diampu  Jenjang tempat tugas dan sekolah induk dibawah naungan Kemendikbud (bagi guru di sekolah umum/bukan Kemenag) 
  7. YANG PALING PENTING PERSIAPKAN DOKUMEN RPL

Data bagi guru yang berhak mengikuti sertifikasi diambil dari aplikasi dapodik. Jadi sangat disarankan guru mengupdate data pribadinya di dapodik seperti riwayat mengajar, data pribadi dll.




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



1 komentar:

bagai mana dengan guru yang tidak punya gelar SI tapi sudah mengabdi sebagai guru selama 15 thn. apakah guru tersebut bisa ikut ppg atau di buang saja tlg informasinya ?