Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Mencetak & Menyimpan Halaman Info GTK ke format Pdf

Dalam rangka validitas data, peran operator dapodik sangat dibutuhkan. Wajib kiranya untuk mengecek kembali isian data di dapodik. Tak lepas dari hal ini, masing-masing guru terutama mereka yang sudah memegang sertifikat pendidik juga memiliki kewajiban. Yakni mengecek info GTK,  untuk melihat hasil sinkronisasi dari aplikasi dapodik terkait data individu guru yang bersangkutan. Mengapa harus guru sendiri yang mengecek di Info GTK? Masalah ini tentu tak bisa lepas dari masalah tunjangan, jadi jangan sampai data yang dimasukkan oleh operator dapodik dan dikirimkan tidak sesuai dengan yang tampil di Info GTK.

Buka juga Cara Cetak Info GTK lewat HP

Update Terbaru
Untuk mencetak laman Info GTK silakan buka Artikel Cara Cetak Info GTK ke format Pdf lewat Google Chrome


cetak halaman info gtk
cetak info gtk

Terkait dengan masalah tunjangan tadi, admin sebelumnya sudah memberikan informasi terkait hal ini yakni tentang pembayaran tunjangan profesi guru yang harus sesuai dengan berkala ataupun pangkat terakhir. Beberapa admin tunjangan kabupaten mewajibkan agar guru mencetak tampilan halaman info GTK mereka. Tentu bertujuan agar ada kesesuaian antara pembayaran tunjangan, tampilan info GTK milik guru dan yang diinput di aplikasi dapodik. Halaman hasil cek info GTK yang sudah dicetak ini biasanya dikumpul ke admin SIM Tunjangan kabupaten/kota/propinsi bersama berkas lainnya.

Untuk mencetak atau menyimpan halaman info GTK tidaklah sulit, Ada 2 cara yang nanti akan dijelaskan di bawah. Bapak ibu cukup masuk atau login di web SIM PKB.Silakan gunakan akun SIM PKB masing-masing, untuk cara login silakan buka cara login atau cek info gtk.

Jika sudah masuk akan muncul data-data guru.
cetak laman info guru cara cetak halaman info gtk
Data Guru Info GTK sudah sesuia isian aplikasi dapodik


Cara mencetak/menyimpan halaman info GTK

Pastikan gunakan Peramban atau browser Google Chrome untuk mencetak laman info GTK ini.



1. Cara Pertama menggunakan tombol Cetak PDf/Printer

Ketika bapak ibu sudah login di info gtk, dan melihat data sudah valid serta sesuai dengan keadaan sebenarnya dan terbaru, maka halaman info gtk bisa diprint/dicetak. Namun perlu juga kiranya kita menyimpannya sebagai format pdf. Yang paling mudah adalah dengan mengklik tombol cetak PDf yang terletak pada sudut kanan atas. Akan muncul pop up di kiri, (jika menggunakan mozilla firefox)
Pilih salah satu printer yang sudah terinstal di komputer (pasti muncul) atau bisa juga menyimpannya sebagai format pdf atau Microsoft XPS Document Writer. Klik OK.


simpan pdf laman info gtk  cetak laman info guru
cara mencetak halaman lembar info guru GTK
info gtk guru ptk 2017 simpan pdf laman info gtk  cetak laman info guru


Beri nama yang sesuai, pilih folder penyimpanan file, lalu Save.Jangan lupa dibuka juga file yang sudah disimpan sebagai pdf atau Microsoft XPS Document Writer tadi. Jika kosong tampilannya maka gunakan cara kedua di bawah. Jika cara ini tidak bisa atau tidak tersedia silakan gunakan cara yang kedua di bawah ini.

2. Cara kedua dengan menggunakan fasilitas Cetak Langsung Halaman Web.


Gunakan tombol keyboard komputer/laptop yakni Ctrl+P. Akan muncul jendela baru di browser Google Chrome. Pastikan pilih Simpan Sebagai Pdf jika ingin menyimpan sebagai file pdf. Kemudian terakhir klik Simpan (warna biru) maka otomatis akan menyimpan halaman web tadi sebagai format pdf.

cara cetak halaman info gtk


Hasil penyimpanan sebagai file pdf lihat tampilan di bawah

cara cetak halaman info gtk  ke format pdf
Menyimpan lembar info gtk sebagai format pdf

SEBELUM memutuskan untuk mencetak atau menyimpannya dalam format pdf, pastikan data bapak ibu valid seperti data valid terutama di bagian Validasi Data Guru di bagian Data Individu Berdasarkan Dapodik (lihat gambar ketiga). 

Saat admin jetjetsemut mencoba mengecek info gtk ternyata tampilan rombel masih nihil, serta verifikasi Data Tunjangan profesi juga masih kosong. Namun menurut admin yang penting adalah ada pada bagian validasi data guru.

Cara Mencetak & Menyimpan Halaman Info GTK ke format Pdf
cara cetak info gtk guru
Percuma kita cetak atau simpan jika belum valid, karena ini nantinya akan dijadikan bukti dan diserahkan ke dinas pendidikan jika nanti ada masalah. Okee demikian tadi teknis bagaimana cara pencetakan halaman info GTK serta menyimpannya sebagai format pdf. Silakan dicoba, kalau gagal ulangi terus. hehehe



Newest Older

Related Posts