Back To Top

Tips Mengisi Riwayat Pendidikan di PUPNS

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Setelah saya post mengenai pengisian PUPNS secara Umum, kali ini saya akan berbagi trik pengisian dalam riwayat pendidikan, karena bagaimanapun kita perlu trik tertentu agar pekerjaan menjadi lebih cepat dan tidak kebingungan.
Untuk prakteknya bisa dilihat pada video dibawah ini


Dalam riwayat pendidikan di PUPNS, sudah seharusnya seluruh data sekolah dari SD sampai pendidikan terakhir yang diinput. Berikut caranya. Klik Riwayat Pendidikan Klik Tambah

Untuk SD ketikkan Sekolah Dasar, SMP ketik SMP, SMA Ketik SMA, untuk Mts, MI, dan MA, ketikkan Madrasah maka akan muncul, kemudian pilih/klik. seperti contoh di bawah pada Riwayat Pendidikan. Untuk universitas sebaiknya ketik nama jurusan.


Kemudian untuk form lokasi sekolah ketik nama kabupaten atau kota sekolah anda berasal, nanti muncul. Untuk nama sekolah banyak trik yang bisa dipakai, untuk SD bisa diketik "SDN" atau SD Negeri 0. ....... " untuk MTs ketikkan MTs .... Jika nama kab kota sudah benar kemungkinan besar akan muncul. DISINI ANDA HARUS KREATIF mencari dengan berbagai frase kata.

Nama sekolah di PUPNS


Mengisi Riwayat Pendidikan di PUPNS
Sebagai contoh di atas, saya ketik perawat, maka akan muncul jurusan jurusan keperawatan, Nah jika anda guru, maka ketikkan frase "PENDIDIK" maka akan muncul nama jurusan pendidikan Anda. Jika tidak ada jurusan yang dimaksud, klik tanda tanya merah untuk mengajukan penambahan jurusan. Buka caranya di tautan ini

Mengisi Riwayat Pendidikan nama sekolah di PUPNS
Nama sekolah di PUPNS
Lanjut ke Nama Sekolah, Triknya adalah dengan mengetikkan nama kota atau kabupaten tempat sekolah Anda agar lebih cepat, jangan ketikkan kata "UNIVERSITAS" atau frasa umum lainnya. di sini jika nama sekolah tidak ada walaupun sudah tertulis secara baik dan benar, lakukan klik HELP DESK dan laporkan nama sekolah tidak ditemukan. Centang jika merupakan pendidikan terakhir Anda.

Dari berbagai laporan, banyak yang kesulitan disini, maka dari itu gunakan bantuan helpdesk PUPNS  dengan cara klik ikon tanda tanya merah itu.
Oke deh demikian trik sederhana pengisian riwayat pendidikan pada PUPNS. Semoga sukses.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google