Back To Top

Kabar Penting UKG 2015

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Dikutip dari pernyataan admin LPMP Kalsel berikut hal hal penting yang perlu diketahui guru terkait Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan dilaksanakan bulan Nopember nanti.

Kepada seluruh sahabat yang berprofesi sebagai guru (termasuk kepsek dan pengawas sekolah) perlu kami informasikan hal-hal penting rencana pelaksanaan UKG 2015 sbb :

1) UKG 2015 akan dilaksanakn secara online dalam rentang waktu antara tgl 9 s.d. 27 Nov 2015 di tempat uji kompetensi guru (TUK G) kab/kota masing-masing

2) UKG 2015 wajib diikuti oleh semua guru (kepsek n pengawas) serentak se-Indonesia, baik guru PNS maupun non-PNS yang sudah memiliki NUPTK dan atau terdaftar di Dapodik.

3) UKG 2015 dilaksanakan dengan standar nilai minimal 5,5 bagi semua peserta n setiap tahun akan teruss ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai nilai 8,0 di tahun 2018/2019.

4) Mulai  2015 ini, hasil UKG akan dijadikan bahan pertimbangan utk pengambilan kebijakan yang berkaitan dgn kenaikn pangkat, promosi jabatan, kebutuhan diklat, dll.
UKG 2015
5) Terkait  butir (3) di atas, hasil UKG akan dibedakan menjadi bbrapa level berdasarkan tabel nilai yg diperoleh. Misalnya: level 1 (utk nilai 1-10), level 2 (21-30), level 3 (31-40), dst.

6) Untuk guru SD, soal UKG akan dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu soal untuk guru kelas bawah (1-3) dan soal untuk guru kelas tinggi (4-6). Sedangkan utk guru mapel (SMP, SMA, SMK) sesuai dengan mapel yg diampunya.

7) Guru yg tdk mengikuti UKG mereka secara otomatis tidak terdaftar di Dapodik. Hal ini akan berdampak pada pembayaran tunjangan profesi maupun utk mengikuti sertifikasi guru.

8) Untuk tahun mendatang, syarat utk mengikuti sertifikasi pendidik maupun mendapatkan tunjangan profesi hasil UKG-nya minimal 6,0.

Demikian disampaikn ntukk mnjadi perhatian semua pihak yg berkepentingan. Informasi ini tdk dimaksudkn utk menakut-nakuti, namun hendaknya dapat dipahami sebagai langkah antisipatif guna menghadapi realitas hidup di depan kita.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



8 komentar

Tanda tidak ikhlasnya negara ini membantu kesejahteraan pendidik,

tanda tidak ihklasnya pemerintah memperbaiki kesejahteraan para guru

dg ukg mudah-mudahan para guru akan terpacu untuk selalu belajar. kalau para siswa dengan nilai akademik tinggi, pasti para guru menggolongkannya sebagai siswa yang pandai dan memahami akan materi pelajarannya. kalau guru yang nilai ukg nya bagus, berarti guru tersebut ? mari kita senantiasa memacu diri kita untuk selalu belajar.

Kami siaaaaap untuk UKG, asaallll, soalnya valid, reliable. Titik.

mohon untuk diumumkan sayarat-syarat mengikuti ukg 9-27 nop. 2015 bagi guru yg sudah sertifikasi. Nuwun

tanya diri ente dulu gan... ikhlas pa ga jadi guru...

dunia pendidikan makin maju dengan urusan administrasi guru/ siswa makin bodoh karena guru tidak lagi menerangkan di depan. sibuk dengan urusannya karena tuntutan /aturan pemerintah yang ini..... yang itu..... yang ana............................

Percuma ada UKG kalo ga ada sanksi utk yg ga lulus, harus nya yg lulus dapat nilai plus jgn cuma dibiarkan dan tdk disejahterakan