Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Kegiatan dalam PPGJ Sergur 2018

Peserta yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi untuk mengikuti sergur pola PPGJ dan lulus seleksi tentunya setelah melalui proses verifikasi dan validasi oleh dinas pendidikan setempat berhak mengikuti PPGJ 2018. Sergur PPGJ tahun 2016 ini menuai kontroversi yang salah satunya adalah masalah biaya yang mencapai 15 juta rupiah bahkan bisa lebih karena memakan waktu yang panjang.

Sebelum kita bahas apa saja kegiatan dalam PPGJ dalam sergur 2016 kali ini, perlu kiranya rekan guru ketahui info seputar PPGJ 2016.

  1. Kriteria penetapan peserta SG-PPG diurutkan dengan prioritas: Nilai UKG, Usia, Masa kerja dan Golongan  kepangkatan.
  2. Pelaksanaan SG-PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi minimal B dan ditetapkan oleh pemerintah (Kemenristekdikti).
  3. Guru yang memenuhi persyaratan administrasi mengikuti seleksi masuk sebagai peserta SG-PPG di LPTK.
  4. Bagi guru yang lulus seleksi masuk SG-PPG selanjutnya mengikuti tahapan:  workshop 1, PPL 1, workshop 2, dan  PPL 2. (total memakan waktu kurang lebih 5,5 bulan)

mekanisme PPGJ 2016

Berikut ini kegiatan yang dilaksanakan selama PPGJ 2016


A. Kegiatan Workshop 1 dan PPL 1 

Workshop 1 = 10 SKS  (IN 1)
Penugasan di Sekolah (PPL1) (3 SKS) = 8 hari (10 JP per hari)

  • Tagihan penugasan identifikasi problematika pembelajaran/ layanan di sekolah meliputi:
  • analisis kesulitan dan kelemahan kinerja belajar siswa
  • Perilaku/sikap belajar siswa
  • Penguasaan materi
2. Analisis kesulitan dan kelemahan dalam pembelajaran.
  • Analisis kurikulum SK/KI dan KD
  • Pendekatan/model/ metode pembelajaran
  • Media pembelajaran
  • Pengelolaan kelas
  • Penilaian hasil belajar
  • Analisis hasil penilaian

Workshop 1 = 10 SKS  (IN 1)
7 SKS di LPTK = 20 hari (10 JP per hari)
  • Pengembangan Konsep dan penerapan Techno Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
  • Pengembangan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK melalui penugasan individual
  • Peer Teaching/Peer GC/Layanan TIK
  • Penyusunan draft proposal PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK (akan difinalkan pada WS-2)
  • Ujian tulis dengan 3 kali kesempatan ujian. Peserta yg lulus ujian tulis  berhak mengikuti kegiatan berikutnya.


PPL 1 = 6 SKS (ON 1)
6 SKS: 37 hari kerja (6 jam per hari)

  • Penerapan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK di sekolah masing-masing yang disupervisi oleh petugas yang ditunjuk.
  • Diakhiri dengan ujian kinerja dengan penguji supervisor pendamping, diberi kesempatan  3 kali ujian
B. Kegiatan Workshop 2 dan PPL 2  

Workshop 2 = 12 SKS  (IN 2)
9 SKS di LPTK = 25 hari (10 JP per hari)

  • Refleksi hasil penugasan identifikasi problematika pembelajaran/ layanan di sekolah melalui FGD
  • Pengembangan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK melalui penugasan individual
  • Peer Teaching/Peer GC/Layanan TIK
  • Penyusunan proposal PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK (pengembangan dari draft proposal pada WS-1)
  • Ujian tulis dengan 3 kali kesempatan ujian. Peserta yg lulus ujian tulis  berhak mendapat sertifikat mengikuti kegiatan

PPL 2 = 8 SKS (ON 2)
8 SKS: 50 hari kerja (6 jam per hari)

  • Penerapan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK di sekolah masing-masing dengan supervisi oleh petugas yang ditunjuk.
  • Praktek persekolahan (manajemen persekolahaan, pembinaan perpustakaan, partisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler, pembinaan OSIS, dll.)
  • Pelaksanaan PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK
  • Diakhiri dengan ujian kinerja dengan 2 penguji, yaitu asesor dari LPTK dan supervisor pendamping, diberi kesempatan 3 kali ujian

Workshop 2 = 12 SKS  (IN 2)
3 SKS Penugasan di Sekolah = 8 hari (10 JP per hari)
  • Tagihan penugasan identifikasi problematika pembelajaran/layanan di sekolah sama dengan kegiatan penugasan pada workshop 1

SerGur-PPGJ dilaksanakan untuk menghasilkan capaian pembelajaran (CP) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 7, dengan tujuan:
  • seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran;
  • seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk membentuk kepribadian yang berintegritas, taat regulasi, berjiwa gotong royong, memiliki etos kerja, dan semangat bela negara;
  • seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta beradaptasi di lingkungan sekolah dan masyarakat; dan
  • seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk menguasai struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dihayati, dan diaktualisasikan oleh guru

Related Posts