Back To Top

Workshop Dapodik Kab. Kutai Timur Tahun 2016

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur tahun 2016 ini kembali mengadakan kegiatan workshop sistem Pendataan Dapodik. Workshop Dapodik bagi operator Pendataan sendiri merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kab. Kutai Timur yang telah diselenggarakan sejak tahun 2013 lalu.

Kegiatan workshop dapodik ini direncanakan akan diselenggarakan selama 3 tahapan yang diikuti oleh seluruh operator dapodik tingkat SD hingga SMP sekabupaten Kutai Timur. Kegiatan Sosialisasi Dapodik ini dihadiri pula oleh narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pusat, yakni Dadan Hamdani dan Nugraha Adam Dikdas. Sedangkan narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur adalah Ibu Anita Mayasari dan operator KK Datadik dan Bpk. Ruslan SE.

Kegiatan Workshop Dapodik Kutai Timur dihadiri Narasumber dari Kemdikbud

Narasumber dari dinas Dikdikbud Kutai Timur pada Kegiatan Workshop Dapodik Kutai Timur
Narasumber dari dinas Dikdikbud Kutai Timur pada Kegiatan Workshop Dapodik Kutai Timur

Workshop dapodik setiap tahapan diselenggarakan selama 3 hari dimana setiap narasumber membawakan materi-materi yang berkaitan dengan tugas-tugas dan kewajiban operator terkait dengan dapodikdas seperti teknik pengisian dapodik, Program Indonesia Pintar, verval Peserta Didik, Verval Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).

Operator dapodik sendiri sangat antusias menyambut kegiatan ini, apalagi kegiatan dilaksanakan di hotel di ibukota kabupaten. Lumayan buat hiburan dan refreshing bagi rekan-rekan operator dapodik yang tinggal di daerah pelosok. Hehehe Selain itu dengan adanya kegiatan ini merupakan ajang silaturrahmi, perkenalan dan bertukar pengalaman bagi operator.

Tidak banyak yang dapat penulis tangkap dari kegiatan workshop ini, maklum admin penulis lebih fokus menjadi "penjaga pintu" dan fokus ke operator operator yang sueger sueger, kece kece dan manis manis. hahahahaha ... (#abaikan)



yang berkopiah haji master dapodik sejak 2010

Pada dasarnya operator dapodik sudah pinter-pinter, berkaitan dengan dapodik. Permasalahan yang banyak ditanyakan oleh operator adalah kendala teknis verval PTK, mutasi PTK online, mutasi siswa dan masalah pencairan dana PIP khususnya di wilayah kecamatan yang jauh dari Bank BRI. Masalah lain adalah operator yang baru yang masih bingung dengan tugas-tugas operator.

Nugraha Adam (Adam Dikdas) dari Kemdikbud Pusat berpesan kepada operator dapodik agar meningkatkan kualitas data sekolah di aplikasi dapodik terutama data Sarana dan prasarana Sekolah, data PTK dan data periodik siswa. Khusus data periodik Siswa agar data tinggi badan, berat badan dan jumlah saudara kandung diperbaharui, mengingat selama ini operator seolah olah terlena dengan fitur Salin Data Periodik sehingga operator malas mengupdate data ini.

SOSIALISASI DAPODIK TAHUN 2014 LPMP KALTIM

Oke demikian tadi liputan khusus dari workshop Dapodik Kutai Timur tahun 2016. Silakan unduh  "oleh-oleh" materi sosialisasi dapodik 2016 dari kegiatan workshop Dapodikdas ini. Terima kasih kepada Dinas Pendidikan kabupaten Kutai Timur yang telah menyelenggarakan Workshop bagi operator Dapodik.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google