Back To Top

Pemahaman tentang Mulok pada Kurikulum KTSP di SD dalam aplikasi dapodikdas 2013

Selamat Datang Di Web Info Guru GTK dan Pendidikan
Pemahaman tentang Muatan lokal pada Kurikulum KTSP di SD dalam aplikasi dapodikdas 2013.

1. Muatan lokal yang bisa dijadikan dasar bagi keluarnya aneka tunjangan hanyalah "Mulok Wajib Potensi Daerah" dengan syarat Mulok tersebut sudah diwajibkan pembelajarannya oleh Disdik Kabupaten dengan adanya Surat Edaran dari Disdik Kabupaten yg bersangkutan serta sudah dilaporkan dan disetujui oleh pihak P2TK.

2. Mulok Bahasa Daerah sudah masuk kedalam Matpel Wajib Guru Kelas yang 24 jam, jadi sebaiknnya pada kolom Mulok Bahasa Daerah, meski pada bawaan aplikasi Mulok tersebut sudah tercantum kolom isiannya, PTK Mengajar dan Jam mengajarnya tidak perlu diisi datanya.

3. Mulok Potensi Daerah dan Mulok Tambahan sebaiknya hanya dimapping pada Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6).

4. Mulok Tambahan tidak dibatasi banyak dan jenisnya, selama tidak mengganggu Jam pembelajaran Guru Kelas, Pendidikan Agama Islam , Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK), dan Mata pelajaran Wajib (Tambahan Jam) serta tidak menyebabkan JJM pada Rombel yg bersangkutan menjadi melebihi JJM Rombel maksimal (30 Jam utk Kls 1, 31 Jam utk Kelas 2, 32 Jam utk Kelas 3, dan 36 Jam utk Kelas 4, 5, dan 6).


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google