Back To Top

Macam-Macam Tepung Terigu dan Kegunaannya

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru

Jenis Terigu dan Kegunaannya

Buat Ibu yang hobi doyan memasak atau membuat kue barangkali ada yang masih bingung, manakah jenis tepung terigu untuk makanan atau kue tertentu, karena tidak semua makanan/kue tersebut cocok untuk semua jenis makanan.  

Terigu protein rendah, tepung protein tinggi, sedang


Berikut kita akan belajar tentang jenis tepung terigu dan kegunaannya :

1. Terigu protein rendah

Tepung ini dibuat dari gandum lunak yang kandungan glutennya hanya 8% – 9%. Tepung ini memiliki daya serap terhadap air yang rendah sehingga sulit ketika diuleni, tidak elastis, lengket dan susah untuk mengembang.

Tepung ini cocok untuk kue kering, biskuit, pastel dan kue yang tidak perlu fermentasi. Merk yang beredar dipasar adalah Kunci Biru dan Roda Biru.

 

2. Terigu protein sedang

Tepung ini memiliki kandungan gluten 10% – 11%. Tepung terigu ini terbuat dari campuran terigu protein tinggi dan terigu protein rendah atau biasa disebut tepung serba guna. Tepung ini cocok untuk membuat kue, bolu, kue kering dan gorengan. Merk yang beredar dipasaran adalah Segitiga Biru dan Gunung Bromo

3. Terigu protein tinggi

Tepung ini dibuat dari gandum keras dan memiliki kandungan protein 11% – 13%. Tingginya kadar protein pada terigu ini membuatnya mudah dicampur, difermentasi, memiliki daya serap terhadap air yang tinggi, elastis dan mudah digiling. Tepung ini cocok untuk membuat mie, roti dan pasta. Merk yang beredar dipasar untuk tepung jenis ini adalah Cakra Kembar atau Kereta Kencana.

4. Whole meal flour

Tepung ini terbuat dari biji gandum utuh termasuk bungkus dan lembaganya sehingga warnanya lebih gelap. Terigu ini mengandung serat dan protein yang sangat tinggi sehingga cocok untuk makanan kesehatan dan diet.

5.Tepung self raising

Tepung terigu ini telah dicampuri dengan baking powder dan baking soda sehingga siap pakai. Penabahan bahan pengembang ini membuat terig lebih stabil dan siap pakai. Tepung ini berisi campuran 125 gram terigu + 1 sdt baking powder + 1 sd teh baking soda.
Tepung ini cocok untuk cake, muffin atau kue kering.

6. Tepung enriched

Tepung terigu ini sudah ditambahi dengan beragam vitamin atau mineral tertentu dengan tujuan untuk memerbaiki nilai gizinya. Hal ini membuat harganya lebih mahal dibanding terigu jenis lain.
Cocok untuk bolu dan kue kering.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google