Back To Top

Masalah Layar Blank dan Expired di Patch 2.04

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Setelah Patch Dapodik 2.04 diluncurkan dan para operator berbondong-bondong untuk menginstallnya, ternyata ada beberapa kasus masalah baru yang cukup dominan yaitu Layar monitor aplikasi blank / berwarna putih saja dan munculnya keterangan aplikasi expired meski sudah diinstall patch 2.04.

Berikut beberapa solusi terkait masalah tersebut.

1. Masalah Tampilan Layar / Monitor di aplikasi Blank setelah login. 

Masalah ini terjadi karena data sekolah ada salah atau dihapus dan kebanyakan terjadi di sekolah swasta. 
Nah silakan anda download file di alamat di bawah ini 


1. download dan ekstrak (klik kanan > extrak here ) file sekolah rar di atas
2. simpan file sekolah.batch di program files-dapodikdas
3. klik ganda
4. tunggu sampai batch tertutup sendiri
5. setelah terbuka silahkan cek data sekolah/yayasan dan data rinci yayasan sampai bisa di save, kalau belum jangan dulu ditutup karena pasti blank lagi



2. Selanjutnya adalah masalah dengan munculnya tampilan yang menyatakan bahwa Aplikasi expired setalah login di aplikasi, padahal sudah diinstall dengan patch 2.04. Aplikasi dapodik versi 2.03 memang dirancang untuk bertahan selama sebulan, artinya aplikasi akan kadaluarsa dan tidak bisa digunakan dalam penginputan data, kecuali kita memperbahrui dengan versi terbaru dappdik. 

Beberapa operator cukup dengan menekan keyboard F5 (dibagian atas) masalah sudah selesai. Dengan cara ini ada juga yang gagal, dan akhirnya mencoba dengan menginstal ulang aplikasi memakai Installer versi 2.03, dengan terlebih dahulu memback up data dapodik. setelah terinstal kemudian instal lagi patch 2.04 yang sudah didownload tadi. dan cara ini pun berhasil menghilangkan tampilan aplikasi expired. 

Nah buat rekan-rekan operator yang mengalami kedua hal di atas silakan dicoba-coba. 




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google