Back To Top

Sinkronisasi Berhasil Bagaimana?

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Pada artikel sebelumnya sebenarnya saya udah pernah menulis bagaimana sinkronisasi yang berhasil itu. Dan masih banyak operator yang bingung dan bertanya-tanya mengenai hal ini. Selain itu karena ada beberapa perubahan yang cukup mendasar di versi-versi terbaru aplikasi dapodik terutama sejak versi 2.05 diluncurkan, maka ada beberapa pula perubahan. Sinkronisasi yang saya maksud di sini adalah SINKRONISASI PERTAMA kali dan sinkronisasi lanjutan setelah ada perubahan data baik dari semester ganjil maupun semester genap 2013-2014.

Nah sekarang kita lihat dulu bagaimana sinkronisasi yang berhasil itu.

A. Sinkronisasi pertama kali.

Sinkronisasi pertama kali biasanya memakan waktu yang cukup lama, saya sendiri membutuhkan waktu sekitar 40 menit dgn menggunakan modem felxy berkecepatan 256kbps dengan koneksi yang cukup stabil tudak turun naik. Dengan jumlah data PTK dan siswa 370an siswa.

Perhatikan gbr2 di bawah.

bagaimana sinkronisasi ata proses pengiriman data aplikasi dapodikdas 2013 yang berhasil? Data sinkronisasi kiriman berhasil ke server dapodik

gambar di atas adalah saat sinkronisasi saya pertama kali yang berhasil saat masih semester ganjil 2013 2014, data yg disinkronisasi dan dikirim cukup banyak alias keseluruhan data. sehingga memakan waktu yang cukup lama sekitar 41 menit dgn kecepatan koneksi 256kbps, modem flexy 2000x (bukan EVDO)
jangan bingung melihat angka-angka di atas karena data yg sebenarnya tidak begitu, artinya misalnya data siswa sebenarnya 370 namun tertulis lebih banyak atau kurang itu adalah data tambahan. termasuk data rincian. lihat angka 743.


Gambar di bawah saat sinkronisasi versi 2.05 ada perubahan data yang masuk ke server. namun saat SINKRONISASI memakai aplikasi versi 2.06 data di bawah tidak ada, jangan bingung.
Dan ini adalah sinkronisasi pertama kali.
sinkronisasi berhasil 2.07 data kosong
Data berhasil di kirim ke server dapodik

B. Sinkronisasi lanjutan



Sinkronisasi lanjutan adalah sinkronisasi yang kta lakukan setelah sinkronisasi pertama kali berhasil, biasanya memakan waktu cukup singkat karena data sinkronisasi atau data ynag dikirim sedikit yang berubah di aplikasi, artinya data yang dikirim hanya data data tambahan saja. Pemberitahuannya tertulis sedikit data, memuat data-data tambahan misalnya siswa mutasi masuk, tambahan data rinci PTK. data sekolah jika ada yang terbaru, dll

Nah bagaimana sinkronisasi kita berhasil dan benar-benar sukses? Perhatikan gambar di bawah yang saya ambil setelah sebelumnya saya sinkronisasi dengan data-data baru di aplikasi dapodik.



bagaimana sinkronisasi ata proses pengiriman data aplikasi dapodikdas 2013 yang berhasil? Data sinkronisasi kiriman berhasil ke server dapodik

Keterangan:
  1. Gambar di atas adalah saat saya akan melakukan proses sinkronisasi lanjutan, setelah sebelumnya saya melakukan sinkronisasi dgn data tambahan.
  2. Lihat DATA YANG MENGALAMI PERUBAHAN sudah kosong. menandakan data atau kiriman sebelumnya sudah berhasil masuk ke server.
  3. Perhatikan jeda waktu sinkronisasi antara waktu mulai sinkronisasi dengan selesai waktu sinkronisasi. sekitar 5 menit. bisa lebih bisa juga kurang, tergantung banyaknya tambahan data yang kita kirim.
  4. Status KONEKSI DENGAN INTERNET otomatis bertuliskan DISCONNECTED. Karena memang tidak ada lagi data yang akan kita kirim.
  5. Nah lain halnya jika Anda melakukan perubahan dan penambahan data di aplikasi dapodik, maka wajib di sinkronisasi lagi.
  6. Tambahan, pada versi 2.06 pemberitahuan Data yang Masuk ke server lokal kita (gambar ke dua di atas), sudah tidak ada lagi, kemungkinan utuk menghemat waktu dan kapasitas server dapodik.


Update, hari ini 21 februari 2014 pihak dapodik telah meluncurkan aplikasi terbaru untuk urusan sinkronisasi silakan Buka Artikel Aplikasi BSD.exe

Oke saya kira teman-teman operator memahami paparan saya di atas, Jika masih ada pertanyaan silakan bergabung di grup facebook operator dapodik atau Like Facebook page Informasi Pendidikan. Terima kasih.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



1 komentar:

sekolah kami sudah berkali2 sinkron dan berhasil, tetapi kok tidak ada waktu selesai sinkronnya ?