Back To Top

Penjelasan Istilah/Singkatan dalam Dapodikdas

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Seringkali sebagian operator ada yang dibuat bingung dengan beberapa macam istilah atau singkatan singkatan dalam dunia perdapodikkan, hehehe. kadang kita nanya sini situ, gak tahu juga maksud dan artinya. nah berikut beberapa istilah berikut penjelasannya yang saya dapatkan dari Kitab Suci  Dapodikdas 2014

Back Up

Proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

Blockgrant
Pemberian bantuan dana untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sosial politik, hukum atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan.

Dapodikdas
Data pokok pendidikan dasar; Aplikasi data pendidikan yang digunakan untuk menjaring data pendidikan tingkat dasar (SD dan SMP)

Data Periodik
Data menurut periode tertentu; muncul atau terjadi di selang waktu yg tetap; data berkala (contoh pengisian di tabel peserta didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).

Data Turunan
Data anak; data-data lain yang mengacu atau menggunakan data induknya.

Drag n Drop
Gerakan perangkat penunjuk di mana pengguna memilih objek virtual dengan "meraih" dan menyeretnya ke lokasi yang berbeda (dalam hal ini dari tabel satu ke tabel lain). Contoh drag n drop adalah pada saat pengisian anggota rombel.

Generate Prefill
Sebuah proses yang berguna sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik. Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf)

GTT/PTT
Guru Tidak Tetap/ Pegawai Tidak Tetap.

GTY/PTY
Guru Tetap Yayasan/ Pegawai Tetap Yayasan.

Inpassing
Proses penyesuaian kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.

KGB
(Kenaikan Gaji Berkala) yang dimaksud KGB adalah Kenaikan gaji yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan gaji berkala yaitu setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengisian KGB dapat ditemukan pada tabel Rincian Data PTK.

Bersambung...


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google