Back To Top

Komponen dan Sistematika RPP

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. RPP mencakup: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2)alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Komponen dan Sistematika RPP
Komponen-komponen RPP secara operasional diwujudkan dalam bentuk format berikut ini.



                               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                               (RPP)

Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :

A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar
    1. KD pada KI-1
    2. KD pada KI-2
    3. KD pada KI-3
    4. KD pada KI-4

C. Indikator Pencapaian Kompetensi*)
    1. Indikator KD pada KI-1
    2. Indikator KD pada KI-2
    3. Indikator KD pada KI-3
    4. Indikator KD pada KI-4

D. Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial)

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti **)

  • Mengamati
  • Menanya
  • Mengumpulkan informasi/mencoba
  • Menalar/mengasosiasi
  • Mengomunikasikan

c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
    a. Kegiatan Pendahuluan
    b. Kegiatan Inti **)

  • Mengamati
  • Menanya
  • Mengumpulkan informasi/mencoba
  • Menalar/mengasosiasi
  • Mengomunikasikan

c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
    1. Teknik penilaian
    2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
   3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
     1. Media/alat
     2. Bahan
     3. Sumber Belajar

 *) Pada setiap KD dikembangkan indikator atau penanda.
 Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati sebagai dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur.
**) Pada kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tidak harus muncul seluruhnya dalam satu pertemuan tetapi dapat dilanjutkan pada pertemuan berikutnya, tergantung cakupan muatan pembelajaran. Setiap langkah pembelajaran dapat digunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google