Back To Top

Kemdikbud Ngotot Nilai UAN untuk Lulus SNMPTN

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ngotot agar nilai ujian nasioal (unas) kembali dimasukkan dalam pertimbangan kelulusan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Padahal Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) Muhammad Nasir memastikan, nilai ujian nasional tidak dipakai dalam pertimbangan kelulusan SNM PTN.

Nasir mengatakan segera mengoreksi Peraturan Menristek-Dikti tentang penerimaan mahasiswa baru. Sebab dalam peraturan ini, Nasir menetapkan bobot nilai unas dalam pertimbangan kelulusan SNM PTN sebesar 10 persen. Pertimbangan lainnya dari nilai rapor semater I sampai V, catatan prestasi akademik lainnya, serta pertimbangan lain yang ditetapkan rektor.|

Alasan yang menjadi pertimbangan Kemendikbud tetap ngotot kepada PTN adalah, mereka sudah terlanjur keluar uang besar untuk penyelenggaraan unas. Anggaran penyelenggaraan unas tahun ini hampir Rp 600 miliar. Kemudian Kemendikbud juga sudah terlanjur menyiapkan pelaksanaan unas dengan sistematis. Kemendikbud juga sudah terlanjur merekrut banyak elemen untuk menjadi panitia ujian tahunan itu.

Terkait pertemuan dengan unsur Kemendikbud Rabu nanti, Bambang menjelaskan posisi nilai unas dalam kelulusan SNM PTN saat ini mengambang lagi. Jika dalam pertemuan nanti terjadi deal antara Kemendikbud dengan panitia SNM PTN, tidak menutup kemungkinan nilai unas menjadi pertimbangan kelulusan SNM PTN.

Bambang meminta para siswa calon peserta unas untuk fokus belajar menyelesaikan ujian. Dia berharap para siswa tidak terpengaruh dengan isu atau kabar simpang siur posisi nilai unas dalam SNM PTN.

Kepala Puspendik Kemendikbud Nizam membenarkan bakal ada pertemuan dengan jajaran panitia SNM PTN Rabu depan. Guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta itu menuturkan, pertemuan itu dilaksanakan untuk membahas teknis penyelenggaraan unas.

Diantaranya adalah rencana mempercepat pemindaian hasil unas sehingga mengejar deadline penetapan kelulusan SNM PTN. Seperti diketahui pengumuman kelulusan SNM PTN dikeluarkan 9 Mei nanti.

Sedangkan pengumuman nilai unas dan kelulusan siswa dikeluarkan 18 Mei. "Kita berharap pemindaian LJK di PTN bisa dipercepat. Sehingga nilainya bisa segera diketahui dan disampaikan ke panitia SNM PTN," katanya.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google