Back To Top

200 Paket Soal UKG 2015 Telah disiapkan Kemdikbud

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Kemdikbud telah menyediakan 200 paket soal untuk UKG 2015 Nopember ini. Yang masing-masing guru akan mendapatkan soal berbeda beda. Demikian diungkapkan Dirjen GTK dalam Dialog Pendidikan di Semarang.

Setiap guru akan diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal UKG baik online maupun offline. Dimana setiap mata pelajaran berjumlah antara 60-100 soal.

Tempat Uji Kompetensi

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Surapranata juga mengatakan, pihaknya‎ sedang mempersiapkan UKG tahun 2015. Ada sekitar 5.600 TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang sudah disiapkan di seluruh Indonesia.
200 Paket Soal UKG 2015 Telah disiapkan Kemdikbud
200 Paket Soal UKG 2015 Telah disiapkan Kemdikbud
Hasil UKG akan diserahkan ke Orangtua Siswa

Selain itu dari hasil Dialog pendidikan tersebut sejumlah pihak mengusulkan agar hasil uji kompetensi guru (UKG) bisa dikirim ke sekolah dan orang tua siswa sehingga sekolah dan orang tua siswa mengetahui kompetensi guru-guru di sekolah.

"Hasil UKG nilainya cukup rendah. Hanya 192 guru nilainya di atas 90. Sedangkan nilai rata-rata nasional hanya 42," ujar Pranata. Penilaian Kepala Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah AT Soegiton, tunjangan profesi guru atau program sertifikasi belum sejalan dengan kompetensi guru. TPG yang diterima guru tidak disertai peningkatan kualifikasi atau kompetensi mengajar. "Sebenarnya ada tiga hal pokok yang seharusnya berhubungan, yaitu kelulusan uji sertifikasi, peningkatan kesejahteraan, dan peningkatan kualitas dan profesionalisme," ujarnya.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



2 komentar

hsl UKG tidak perlu diberikan pd orang tua siswa.

Adanya UKG membuat guru minat baca buku dan belajar, bukankah belajar sambil mengajar itu yang sebenarnya dalam Islam .