Back To Top

Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (UN) 2016

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Beberapa jam yang lalu pengelola web dapodikdas mengumumkan berita terbaru terkait pendaftaran atau pendataan calon peserta Ujian Nasional Tahun 2016. Tentunya tiap operator dapodik wajib tahu mengenai hal ini. Info lengkap mengenai hal ini bisa dibuka di alamat web http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/cms/detail/21

Ada beberapa hal penting yang bisa disarikan dari pengumuman mengenai pendaftaran peserta UN 2016 tersebut.
  1. Data peserta UN sepenuhnya akan diambil dari data Dapodikdas/Dapodikmen yang telah dikirimkan oleh operator dapodik.
  2. Operator Dapodik diharapkan mengecek ulang kebenaran data individu peserta didik calon peserta UN 2016 di aplikasi dapodik maupun di web dapodik terutama NISN dan data orangtua siswa.

Tahapan verifikasi data peserta UN 2016

1. Verifikasi data peserta didik sebagai calon peserta ujian nasional dilakukan di laman Manajemen UN dengan alamat sebagai berikut:
Satuan Pendidikan Dasar (SD dan SMP): http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
Satuan Pendidikan Menengah (SMA dan SMK): http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/

2. Selanjutnya operator sekolah menyerahkan hasil verifikasi file data calon peserta ujian nasional tingkat akhir, kepada panitia ujian nasional yang berada di dinas pendidikan kabupaten/kota. Sementara panitia ujian nasional kabupaten/kota akan memproses file tersebut (mengirim) kepada panitia ujian nasional pusat melalui aplikasi BIO-UN untuk menjadi data peserta ujian nasional.

Jadwal Pendataan peserta UN 2016
Dari Jadwal resmi pendataan UN input data serta perbaikan data Peserta Didik calon peserta UN oleh operator dapodik paling lambat 31 Desember 2015. Sedangkan tahap tahap selanjutnya dilakukan oleh Disdik Kab/Kota, propinsi dan pusat.

Jadwal Pendataan peserta UN 2016 Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (UN) 2016, Jadwal Input Data Peserta UN, Batas Akhir data calon peserta UN 2016, Verifikasi Calon peserta UN oleh operator dapodik http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/ http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
Jadwal Pendataan peserta UN 2016
Dari Jadwal resmi pendataan UN input data serta perbaikan data Peserta Didik calon peserta UN oleh operator dapodik paling lambat 31 Desember 2015. Sedangkan tahap tahap selanjutnya dilakukan oleh Disdik Kab/Kota, propinsi dan pusat.

Untuk Juknis Pendataan Peserta Ujian Nasional 2016  bisa diunduh ditautan ini dan Cara Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2016 Berbasis Dapodik bisa diunduh di sini.

Sudah jelas ya para operator dapodikdasmen... Tugas kita adalah mengecek kembali data siswa calon peserta UN (pastikan siswa sudah memiliki NISN, jika belum lakukan verval PD) dan lalu memverifikasi ulang data peserta UN tadi di alamat web di atas.
Untuk tingkat SD/SMP di alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
sedangkan tingkat SMA/SMK di  http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google