Back To Top

Menpan: Guru Pedalaman Prioritas Diangkat CPNS

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi, mengatakan tenaga pendidikan honorer yang sudah lama bertugas di daerah pedalaman dan terpencil akan diprioritaskan untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada rekrutmen CPNS tahun ini.

Dia mengakui, ada ribuan guru honorer tersebar di seluruh Indonesia yang tidak kebagian kuota pengangkatan PNS pada rekrutmen CPNS tahun sebelumnya. "Tahun ini guru honorer yang tercecer pada pengangkatan sebelumnya sudah diproses," katanya usai salat Jumat di masjid Markas Polda Jatim, Surabaya, Jumat 5 Februari 2016.
Guru Pedalaman Prioritas Diangkat CPNS
Guru Pedalaman Prioritas Diangkat CPNS

Yuddy mengatakan, guru honorer yang kini status pengangkatannya sebagai PNS tengah diverifikasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). "Yang diutamakan guru yang sudah lama mengajar di kawasan pedalaman dan terpencil. Seperti di Sulawesi ada 300-an guru," ucapnya.

Selain guru, dia menyebutkan tenaga honorer yang kini status pengangkatan PNS-nya tengah diproses ialah tenaga kesehatan seperti bidan dan dokter, dan tenaga penyuluh pertanian. Proses rekrutmen diurus masing-masing kementerian.
Guru Pedalaman Prioritas Diangkat CPNS
Guru Pedalaman Prioritas Diangkat CPNS
"Sesuai moratorium, anggarannya sudah dicadangkan di kementerian masing-masing sejak tahun 2014," kata Yuddy.

Politikus Partai Hanura itu menyebutkan, jumlah tenaga bidan honorer atau pegawai tidak tetap (PTT) yang diproses sebanyak 42 ribu orang, dokter 2.000 orang, tenaga penyuluh pertanian 24 ribu orang. Namun ia mengaku lupa berapa kuota CPNS untuk guru honorer. viva.co.id


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google