Back To Top

3 Diklat Massal Kemdikbud 2016

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Untuk tahun 2016 ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan punya 3 kegiatan besar berupa Diklat yang dilaksanakan kepada guru. Pelaksanaan diklat pun secara massif. Ada 2 diklat yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana saat ini keduanya sedang berjalan;

1. Diklat Kurikulum 2013,

diklat kurikulum 2013
Diklat Kurikulum 2013 sasaran utamanya adalah sekolah-sekolah yang baru akan meleksanakan kurikulum 2013 untuk pertama kali ditahun ajaran 2016/2017. Yang ketiban sampur adalah Direktorat Pembinaan Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan juga LPMP. Pola pelatihan dimulai dari Narasumber Nasional (NS), Instruktur Nasional (IN), Instruktur Provinsi (IP), Instruktur Kabupaten (IK) dan guru sasaran.


2. Program Guru Pembelajar,

Program Guru Pembelajar, merupakan tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 kemarin dan berbasis komunitas (KKG, MGMP, MGBK dll). Sasarannya adalah seluruh peserta UKG tahun 2015. Penyelenggaranya adalah Dirjen GTK dan UPT dibawah Dirjen GTK (PPPPTK) dan Dinas Pendidikan kabupaten/Kota.

Pola pelatihan dimulai dari Narasumber Nasional (NS), Instruktur Nasional (NS) dan Guru Pembelajar. Saat ini yang telah dilaksanakan adalah Pelatihan untuk Narasumber Nasional Guru Pembelajar sera Pelatihan bagi Instruktur Nasional.


guru pembelajar

Ada 3 Moda pelatihan yakni Tatap Muka (TM), Daring (dalam jaringan/online) dan kombinasi (antara TM dan daring). Penentuan moda diklat berdasarkan Kriteria Capaian Minmal (KCM) hasil UKG.
Situs yang berkaitan dengan guru pembelajar adalah http://gurupembelajar.id  http://gurupembelajar.kemdikbud.go.id

3. Sertifikasi Guru (PLPG)

Tahun 2016 ini direncanakan pula PLPG sergur tahun 2016, dimana saat ini sedang dalam plotting penempatan lokasi PLPG dan jadwal PLPG. Pelaksanaan PLPG sendiri dilaksanakan secara bertahap mulai Agustus 2016 ini.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google