Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Menambah Siswa Kelas 1 SD di Dapodik

Video tutorial memasukkan kelas 1 di dapodik buka di sini
Satu tahapan dalam pengisian dapodik 2014 adalah memasukkan atau mengisi data siswa baru kelas 1, khusus Sekolah Dasar. Pertama siapkan bahan formulir isian yang telah dibagikan kepada siswa/orangtua siswa. Saya sendiri, sudah menyiapkan di awal tahun ajaran, pada saat pendaftaran peserta didik baru. Jadi form isian tidak saya bagikan, karena pengalaman di dapodik 2013, masih banyak orangtua siswa yang tidak paham cara pengisian formulir ini bisa dilihat dari kosongnya data penting seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), data tinggi dan berat anak, penghasilan dan nama pekerjaan orangtua.

Kartu keluarga merupakan bagian penting dari data siswa, karena disitu termuat data lengkap orangtua dan anak-anaknya. Jadi hal ini wajib bagi berkas persyaratan siswa baru.

Oke langsung saja kita ikuti cara memasukkan siswa kelas 1 di dapodik 2014:

1. Login ke aplikasi, usahakan pakai Google Chrome untuk dapodik tampilan terbaik:

2. Klik Tab/tombol peserta didik 

3, Klik tombol Tambah siswa kelas 1

A. Tahapan data utama

Masukkan nama lengkap siswa
Klik pilihan jenis kelamin
NISN kosongkan
Masukkan NIK (bisa dilihat di Kartu Keluarga)
Tempat lahir
Tanggal lahir, masukkan saja langsung dengan format tanggal/bulan/tahun. mis 5 September 2008 ditulis 05/09/2008. Disini bagian paling penting, dari itu edit duluan tanggal lahir, karena jika kita lupa, dan sudah terlajnjur maka tanggal lahir tidak bisa diubah dan harus menginput ulang lagi dari awal.
Pilih kebutuhan khusus jika siswa yg bersangkutan memiliki kebutuhan khusus (kekurangan/cacat) jika tidak ada LEWATI.
Agama
Nama jalan dst...


Khusus kecamatan ketikkan huruf awal tunggu beberapa saat, maka akan muncul pilihan. Misalnya saya mencari kecamatan Landasan Ulin, maka saya ketik Landas maka akan muncul Landasan Ulin Kota Banjarbaru. 


Untuk siswa kelas 1 SD dapat menggunakan tarik data data PAUD/TK


  • Untuk tempat tinggal, dan moda transportasi akan muncul pilihan jika kita klik tanda panah kecil di bagian kanan form/kotak. 
  • Penerima KPS, KPS adalah kartu perlindungan sosial, yang didapatkan dari kantor Pos, khusus siswa dan keluarga yang tidak mampu. jika ada klik ya dan masukkan nomer. 
  • Data ayah kandung dan ibu sama prosesnya. 
  • Khusus wali, dikosongkan, jika siswa yang bersangkutan  tinggal bersama orangtua. JANGAN LUPA, Hapus angka 0 pada tahun lahir, karena jika tidak dihapus tidak bisa  di save. 
  • Jika dirasa sudah lengkap. Klik save. Tunggu sebentar hingga muncul Tulisan : Data peserta didik berhasil dibuat, muncul di bagian atas.

    memasukkan siswa kelas 1  SD dapodik Untuk siswa kelas 1 SD dapat menggunakan tarik data data PAUD/TK

Sampai disitu dulu, Tutup atau klik tanda silang pada kanan atas. jangan dulu mengisi data rinci karena jika kita paksakan tidak bisa tersimpan juga. 

Biasanya akan muncul tulisan Error; Gagal menyimpan PesertaDidikLongitudinal .... kolom peserta didik harus di isi. seperti gambar di bawah:

error saat isi data rinci periodik siswa baru

Selesai mengisi data utama selanjutnya adalah data rinci atau data periodik siswa. 


Pilih data siswa kelas 1 yang baru dibuat tadi, lalu Klik Ubah

mengisi data periodik siswa

Isi data rinci siswa masukkan tinggi badan dan berat badan. PASTIKAN angka 0 pada kolom tinggi, berat, jarak ke sekolah, dan jumlah saudara kandung sudah muncul. Jika belum muncul, kita ketik maka akan hilang, dan kita harus mengulang. Untukjarak lebih dari 1 Km biasanya saat akan mengetik angka tidak bisa, kemungkinan karena respon aplikasi yang lambat.  Saat selesai jangan lupa klik Save, Jika berhasil menyimpan data rinci data periodik maka akan muncul di bagian atas seperti gambar di bawah. 

cara menambah data siswa kelas 1 SD, memasukkan peserta didik kelas 1, siswa baru, Registrasi muridkelas 1 SD didapodik 2013

Registrasi Siswa Kelas 1 SD

Setelah 2 proses di atas sukses, langkah selanjutnya yang sebaiknya dilakukan adalah meregistrasi siswa tersebut. Sebenarnya langkah ini bisa dilakukan nanti, namun biasanya kita akan mencari dulu siswa kelas 1 yang baru di masukkan, atau nama siswa tersebut sudah tidak di bagian atas lagi, bercampur baur dengan data siswa kelas lain. Bayangkan jika siswa disekolah kita berjumlah banyak. Siswa kelas 1 yang belum diregistrasi ditandai dengan warna merah pada kolom status.

  • Pilih siswa yang akan diregistrasi (background akan berwarna biru muda jika sudah dipilih) Klik Registrasi tombol berada dekat tombol hapus. 
  • Masukkan dulu tanggal/bulan/tahun pada Tanggal masuk sekolah, misalnya 15/07/2013 kemudian pilih jenis pendaftaran sebagai siswa baru. 
Klik Save and Close, maka siswa tersebut akan resmi masuk di sekolah tersebut. Jika belum diregistrasi maka siswa tersebut saat divalidasi siswa tersebut akan INVALID.

cara menambah data siswa kelas 1 SD, memasukkan peserta didik kelas 1, siswa baru, Registrasi muridkelas 1 SD didapodik 2013

Nah demikian proses cara memasukkan/menambah data peserta didik khusus kelas 1 SD, intinya dilakukan lewat 3 proses, yaitu:
1. Membuat data utama, (edit data siswa baru)
2. Mengisi data rinci (dilakukan jika error pada langkah 1,secara langsung dan
3. Registrasi peserta didik kelas 1.

Untuk menambah atau memasukkan siswa kelas 1 SD juga bisa dengan tarik data dari TK/PAUD

Related Posts