Dalam setiap penerimaan siswa baru atau PPDB tentu yang paling wajib diketahui adalah usia calon siswa. Apakah sudah layak untuk masuk sekolah dasar. Bagaimanapun untuk masuk sekolah dasar harus memenuhi peraturan yang ada, tidak boleh asal-asalan. Karena dampaknya selain kepada anak sendiri yang belum siap masuk sekolah, juga terhadap aplikasi dapodik.


Untuk menghitung atau mengetahui usia anak, kita bisa menggunakan secara manual, artinya kita menghitung lewat coret-coretan di kertas, namun hal ini tentu saja banyak menghabiskan waktu,  nah untuk memudahkan kita bisa menggunakan aplikasi. Banyak aplikasi yang bisa kita dapatkan di web-web. Kali ini admin akan berbagi aplikasi penghitung usia anak yang sangat mudah digunakan. Baik berbasis online maupun berbasi excel yang cukup mudah digunakan.

Aplikasi kalkulator penghitung Usia.

Aplikasi dibawah dibuat berdasarkan kode javascript, Anda bisa secara langsung mengetahui usia baik tahun, bulan dan hari. Silakan masukkan tanggal hari ini, kemudian tanggal lahir,  Bulan lahir dan tahun lahir . Teakhir klik hitung.




APLIKASI PENGHITUNG USIA

01-01-01 sampai 31-12-275759  

Tulis Tanggal Hari ini:
Tanggal: Bulan: Tahun:

Tanggal Lahir Anda :
Tanggal  Bulan Tahun



Umur Anda
Umur Anda(hari)
Umur Anda (Jam)
(Approximate)
Umur Anda (Menit)
(Approxi mate)
Aplikasi di atas berbasis online, selanjutnya di bawah ini adalah aplikasi berbasis MS Office excel.

Lewat aplikasi excel penghitung umur siswa ini pekerjaan tersebut akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Jika kita sudah memiliki data siswa khususnya tanggal lahir yang memang diperlukan utk aplikasi ini, maka kita tinggal mencopynya saja kemudian tinggal kita masukkan ke aplikasi ini. Jadi bisa diketahui sekaligus tanpa menginput ulang satu persatu.


Bisa dicetak langsung atau di copy ulang untuk dipindah ke form excel lain. Aplikasi ini cukup ringkas hanya memuat nama, kelas, tempat dan tanggal lahir saja. Bisa digunakan untuk admin sekolah maupun guru sebagai database siswa.
Cara pengoprasiannya sangatlah mudah karena Aplikasi ini berbasiskan Excel. Setelah anda mengunduh aplikasi ini lakukan langkah-langkah berikut :
1.       Baca Basmalah
2.       Buka Aplikasi hasil unduhan
3.       Klik tombol DATA HISTORI
4.       Lengkapi data tersebut dengan data sekolah anda
5.       Klik tombol SIMPAN
6.       Klik Tombol Keluar (Warna merah)
7.       Buka lagi Aplikasinya
8.       Klik tombol DATA SISWA
9.       Isikan Data Siswa & Data Guru Kelas secara lengkap sesuai contoh disitu.
10.   Klik tombol MENU
11.   Klik Tombol CETAK
12.   Pilih Kelas yang akan di cetak (bila anda memilih All maka anda mencetak data usia siswa seluruhnya)
13.   Klik tombol CETAK kalau printer sudah terhubung. Jangan lupa kertas buat mencetak harus sudah terpasang dengan ukuran A4.
Yang tertarik mencoba aplikasi hitung umur siswa silakan unduh di tautan ini. atau di sini

Post a Comment