Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Tes Untuk Mengetahui Gaya Belajar Anak

Anda dapat membantu anak Anda untuk mengenal gaya belajarnya dengan mengisi kuis di bawah ini. Mintalah anak Anda untuk mengerjakan tes ini.




Aü
Jika mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksinya terlebih dahulu
Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan penjelasan
Saya selalu dapat menunjukkan arah Utara atau Selatan di mana pun saya berada
Saya suka menulis surat, jurnal atau buku harian
Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakan dalam pikiran saya
Saat melihat obyek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali obyek yang sama walaupun posisi obyek itu diputar/diubah
Saya sering mencoret-coret kertas pada saat berbicara di telepon atau dalam kelas
Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan
Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya
Saya suka mengeja dan pintar mengeja kata-kata
Saya suka mencatat perintah/instruksi yang disampaikan pada saya
Bü
Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset daripada membaca buku.
Saat seorang diri, saya biasanya memainkan musik/lagu atau bernyanyi
Saat berbicara, saya suka mengatakan,"Saya mendengar anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus."
Saya tahu hampir semua kata dari lagu yang saya dengar
Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon
Tanpa musik, hidup amat membosankan
Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja
Saya lebih suka musik daripada seni lukis
Saya lebih suka berbicara daripada menulis
Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saya saat sedang nonton TV
Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang orang katakan
Total
Cü
Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku
Ruangan, meja, atau kamar saya biasanya berantakan/tidak teratur
Saya suka merancang, mengerjakan dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya
Saya suka olahraga dan rasanya saya adalah olahragawan yang baik
Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu
Saya lebih suka melakukan contoh peragaan daripada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian
Saya biasanya berbicara dengan perlahan
Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi
Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca
Saya paling mudah belajar sambil mempraktekkan/melakukan
Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama
Total

 Setelah selesai mengisi tabel yang tersedia, hitunglah total “ü” pada setiap tabelnya. Jumlah yang terbanyak pada tabel tersebut merupakan gaya belajar anda.

Apabila jumlah terbanyak berada pada:

    Tabel A maka gaya belajar anak anda adalah Visual.
    Tabel B maka gaya belajar anak anda adalah Auditori.
    Tabel B maka gaya belajar anak anda adalah Kinestetik

Setelah menemukan gaya belajarnya, perhatikanlah strategi-strategi yang sesuai dengan gaya belajar anak anda.

1.        Strategi-strategi belajar untuk gaya belajar Visual adalah:
  • Manfaatkan pengkodean warna untuk membantu daya ingat dengan menggunakan pena warna-warni.
  • Tulis kalimat dan istilah yang merupakan informasi kunci dari buku pelajaran
  • Apabila mempelajari informasi yang bersifat angka-angka dan rumus, tulislah pemahaman anda tentang materi itu dalam bentuk tulisan.
  • Tandai pada bagian pinggir buku pelajaran dengan kata-kata kunci, simbol dan diagram yang dapat menolong anda untuk mengingat teks yang telah dibaca.
  • Sedapat mungkin, terjemahkan kata-kata dan ide-ide ke dalam simbol, gambar dan diagram.

2.   Strategi-strategi belajar untuk gaya belajar Auditori adalah:
  • Bergabunglah dengan kelompok belajar untuk membantu anda mempelajari bahan-bahan pelajaran.
  • Ketika belajar sendiri, ucapkan informasi-informasinya dengan suara keras.
  • Gunakan tape recorder untuk merekam informasi-informasi yang penting, setelah itu dengarkan kembali informasi-informasi yang penting tersebut.
  • Apabila mempelajari informasi yang bersifat angka dan rumus, terjemahkan dengan cara anda sendiri yang dapat anda mengerti tentang informasi baru itu, lalu kembali didengarkan untuk memahaminya.

3.    Strategi-strategi belajar untuk gaya belajar Kinestetik adalah:
  • Duduklah di depan kelas dan buat catatan selama pelajaran
  • Ketika belajar, jalan mondar-mandir sambil mengingat informasi yang penting
  • Dalam mengingat informasi baru, salinlah poin-poin kunci pada kertas atau karton yang  besar
  • Pikirkan cara-cara untuk membuat pengetahuan anda nyata, seperti memegang sesuatu yang berkaitan dengan apa yang dipelajari. Misalnya, mempelajari tentang tumbuhan maka carilah tumbuhan yang sesuai dengan pelajaran tersebut dan lakukanlah eksperimen.
tes kuis untuk mengetahui gaya belajar anak, strategi dalam mengoptimalkan gaya belajar anak

Agar dapat menemukan gaya belajar yang sesuai, setiap orangtua harus mau memperhatikan gaya belajar apa yang digunakan oleh anaknya. Selain orangtua, anaknya sendiri juga mau mengeksplorasi diri dengan memperhatikan setiap hal yang membuat kegiatan belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Apakah dengan membaca buku, menonton video, mendengarkan ceramah atau berjalan mondar-mandir sekalipun tidaklah menjadi masalah.

Hal yang terpenting adalah anak anda dapat menyerap informasi dengan maksimal dengan gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka. Janganlah terpaku dengan cara belajar yang konvensional, seperti duduk manis dan membaca buku dengan tenang. Namun, belajarlah dengan gaya belajar yang paling nyaman dan sesuai dengan diri mereka sendiri.

Dengan strategi belajar yang tepat, setiap anak diharapkan dapat semakin memahami semua materi yang dipelajarinya.

Selamat bereksplorasi.

Daftar Pustaka:
Gunawan, A. W. (2004). Genius learning strategy: Petunjuk praktis untuk menerapkan accelerated learning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Jester, C. (1999). Learning: It’s a matter of style. McGrawHill.
Shella Anastasia, S. Psi.
Pusat Konseling & Pelatihan IPEKA

Related Posts