Back To Top

Pancasila Akan Jadi Pelajaran Wajib di Sekolah

Selamat Datang Di Web Info Guru dan Pendidikan

Banyaknya keinginan khalayak luas terutama dari kalangan orangtua dan pendidik agar pelajaran dulu yang pernah ada yakni PMP (pendidikan moral pancasila) agar dikembalikan menjadi mata pelajaran di sekolah terjawab sudah. Dimana Pancasila Akan Jadi Pelajaran Wajib di Sekolah. Hal itu disampaikan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif. Yudi mengatakan, pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghadirkan mata pelajaran Pancasila kepada peserta didik.
Pancasila Akan Jadi Pelajaran Wajib di Sekolah
Pancasila Akan Jadi Pelajaran Wajib di Sekolah

Nantinya UKP-PIP akan membantu menyusun materi yang akan diajarkan kepada para siswa.

"Kita duduk bersama dengan kementerian terkait untuk itu tadi menyusun materi pembelajaran dan metode delivery-nya," kata Yudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Yudi mengatakan, pendidikan Pancasila di sekolah memang menjadi prioritas UKP-PIP. Cara ini dinilai efektif untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat sejak usia dini.

"Karena ini kan dalam waktu kerja yang singkat, tapi kita harus meniggkalkan jejak panjang, harus masuknya ke institusi pendidikan," ucap Yudi.
Pancasila Akan Jadi Pelajaran Wajib di Sekolah

Pancasila Akan Jadi Pelajaran Wajib di Sekolah

Sementara program prioritas UKP-PIP yang kedua adalah memunculkan Pancasila di ruang publik.

Untuk program ini, UKP-PIP akan merangkul berbagai komunitas yang perhatian terhadap pentingnya Pancasila.

"Kemudian mengarusutamakan Pancasila di ruang publik dan event-event, lewat festival anak muda, film pendek yang menceritakan berbagai sisi Pancasila. Pokoknya ruang publik kita diisi aktivitas, lomba-lomba di bidang itu," ucap Yudi. kompas.com


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google