Back To Top

Tahun Ajaran Baru, Sekolah 5 Hari Mulai Berlaku Secara Nasional

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS

Program Full Day School yang menjadi program Mendikbud Muhajir Effendi dan  sempat heboh di tahun 2016 lalu ternyata menjadi kenyataan. Walau  sempat menjadi menjadi kontroversi di kalangan masyarakat maupun pendidik, namun pada akhirnya pihak Kemdikbud memutuskan kebijakan tersebut akan dilaksanakan mulai tahun ajaran baru 2017-2018 dan berlaku secara nasional.
Buka juga Permendikbud nomor 23 tahun 2017 tentang 5 hari sekolah 

Sekolah 5 Hari Full Day School

Dikutip dari beberapa harian online nasional,  Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumatra Surapranata mengatakan kebijakan lima hari sekolah dalam sepekan akan mulai diterapkan Juli 2017.

Pemerintah dalam hal ini sedang meggodok regulasi terkait hal ini. Sementara itu terkait peraturan yang mengatur waktu kerja guru dan kepala sekolah, sudah tertuang dalam PP No 19 Tahun 2005, Sumarna menambahkan. Dimana disebutkan bahwa waktu kerja guru dan kepala sekolah mencapai 40 jam per pekan dengan waktu istirahat sekitar 30 menit per hari, atau waktu kerja aktif 37,5 jam per pekan.


Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya sedang menggodok Permendikbud sebagai dasar kebijakan sekolah lima hari dalam sepekan.

Namun, Muhadjir belum bersedia menjelaskan secara rinci isi draft Permendikbud tersebut. ''Sabar, dalam waktu dekat akan dikeluarkan,'' tuturnya. Muhadjir juga menyebutkan bahwa sekolah selama lima hari dalam sepekan itu diberlakukan secara nasional. Meski begitu penerapannya bertahap.


Muhadjir mengatakan nantinya waktu belajar-mengajar di sekolah akan berlangsung dari Senin hingga Jumat. Alasannya, selama Senin hingga Jumat itu, proses belajar-mengajar sudah mencapai waktu 40 jam.

"Alasannya nanti sudah diperpanjang waktu belajarnya. Minimun 8 jam itu. Jadi kalau minimum 8 jam, kalau 5 hari masuk, jadi sudah 40 jam per minggu. Dan itu sudah sesuai standar kerja ASN untuk guru. Jadi kalau sudah itu sudah melampaui standar kerja ASN sehingga guru mengikuti standar itu," kata Muhadjir saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/6/2017).


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,