Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Modul PKP Mapel Bahasa Indonesia SD


Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif dan tepat sasaran.


Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi
Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi

Aktivitas pada unit ini melibatkan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran yang mengacu pada Pembelajaran berorientasi High Order Thingking Skils (HOTS), untuk mencapai keterampilan abad 21. Unit ini juga memberikan gambaran proses dan penilaian pembelajaran yang berorientasi HOTS.


Bahan bacaan yag terdapat pada unit ini sesuai dengan kompetensi dasar yang ada pada tema yang dipilih dalam buku guru kurikulum 2013 yang sudah disesuaikan dengan permendikbud No. 37 Tahun 2018. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang disediakan dapat digunakan oleh guru sebagai referensi untuk memberikan pengayaan pembelajaran di kelas. Unit pembelajaran ini disusun dengan harapan agar dapat memberikan inspirasi kepada guru Sekolah dasar, sehingga lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan peningkatan kompetensi secara langsung kepada peserta didik.

Silakan unduh 5 Unit Pembelajaran PKP mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD

1. TATA BAHASA unduh di link ini

2. KOSAKATA DAN TATA MAKNA unduh di link ini

3. TERAMPIL BERBAHASA LISAN unduh di link ini

4. TERAMPIL BERBAHASA TULIS unduh di link ini

5. APRESIASI SASTRA unduh di link ini


Related Posts