Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

gtk.belajar.kemdikbud.go.id Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Pretes PPGJ


Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa Kemdikbud membuka pendaftaran calon peserta sergur PPGJ untuk tahun 2020. Guru bisa mengecek secara mandiri kepesertaan sertifikasi guru tersebut di situs sergur.id atau sertifikasiguru.id. Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai pretes PPG tahun 2019 yang ditujukan untuk plotting kepesertaan sertifikasi guru tahun 2020. Informasi ini admin dapatkan dari admin sergur kabupaten. Dimana pendaftaran pretes ini dimaksudkan untuk menyeleksi guru calon peserta pretes atau Seleksi Kemampuan Akademik. Seleksi Kemampuan Akademik merupakan proses seleksi serta verifikasi calon peserta PPGJ.

Info pendaftaran ini sesuai dengan edaran Ditjen GTK nomor 8963/B.B1.1/PR/2019 tentang Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2019 Program PPG Dalam Jabatan.  Dalam edaran yang ditujukan untuk Kepala Dinas Pendidikan Propinsi dan Kabupaten kota itu berisi tentang pengumuman Seleksi Kemampuan Akademik (SKA), kategori, syarat calon peserta calon peserta Seleksi Kemampuan Akademik serta tata cara pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2019 Program PPG Dalam Jabatan serta jadwal seleksi kemampuan akademik.
gtk.belajar.kemdikbud.go.id Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik  Pretes PPGJ

Berikut petikan surat tersebut;
Dalam rangka  pelaksanaan  sertifikasi  bagi guru dalam  jabatan melalui Pendidikan  Profesi Guru (PPG)  Dalam Jabatan,  Direktorat  Jenderal  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  akan melakukan  seleksi  kemampuan  akademik  tahun 2019  program  PPG  Dalam  Jabatan.  Pelaksanaan  PPG Dalam Jabatan  berpedoman  pada  Peraturan  Pemerintah  Nomor  19  Tahun  2017  tentang  Perubahan  atas  Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan yang Diangkat sampai dengan Akhir Tahun 2015.

Sehubungan dengan ha1 tersebut, dengan hormat kami sampaikan informasi terkait dengan persiapan pelaksanaan Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2019 bagi program PPG Dalam Jabatan sebagai berikut.
1.     Calon peserta Seleksi Kemampuan  Akademik Tahun 2019 adalah guru tetap yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015

2.     Calon peserta melakukan  pendaftaran  melalui laman  http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id dengan  mengisi bidang studi PPG yang dipilih sesuai dengan ijazah S-1/D-IV.

3.     Verifikasi dan validasi akan dilakukan untuk melihat :
a.    Linieritas  antara  program  studi  kualifikasi  akademik    -VID-IV  dengan  bidang  studi  PPG  yang telah ditetapkan oleh calon peserta. Acuan verifikasi data menggunakan tabel linieritas sebagaimana terlampir.
b.    SK dua tahun  terakhir  sebagai  guru tetap yaitu  guru yang status kepegawaiannya PNS dan Non PNS serta Guru Tetap Yayasan (GTY) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau diangkat oleh yayasan berdasarkan perjanjian kerja di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau masyarakat.

4.   Calon peserta yang dinyatakan  lolos verifikasi dan validasi akan mengikuti seleksi kemampuan  akademik di tempat uji kompetensi (TUK) yang ditentukan.


Kategori, Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Peserta

Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2019 Program PPG Dalam Jabatan
A. Kategori
Calon peserta adalah Guru Tetap di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan kriteria sebagai berikut.
1.    Belum pernah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik.
2.    Telah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik, namun belum mencapai nilai minimum yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti.
3.    Telah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik, namun mengalami perubahan pilihan bidang studi PPG.


B. Persyaratan
Calon peserta wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut.
a.    Guru Tetap yaitu guru yang status kepegawaiannya PNS dan Non PNS serta Guru Tetap Yayasan (GTY) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau diangkat oleh yayasan berdasarkan perjanjian kerja di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau masyarakat yang belum memiliki sertifikat pendidik.
b.    Terdaftar pada Data Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.    Diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Desember 2015.
d.    Memiliki NUPTK.
e.    Memiliki  kualifikasi  akademik  sarjana  (S-1)  atau  diploma  empat  (D-IV)  dari  perguruan  tinggi  yang memiliki program studi yang terakreditasi, dibuktikan dengan scan ijazah S-1/ D-IV dan sesuai dengan bidang studi pada PPG yang akan diikuti.
f.    Berusia setinggi-tingginya 57 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2019.
g.    Sehat jasmani dan rohani.


Tata Cara Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik

1. Pendaftaran seleksi kemampuan akademik program PPG Dalam Jabatan dilakukan melalui laman
http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Guru membuka laman http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id
b. Guru login menggunakan akun SIM PKB masing-masing
c. Setelah berhasil login, selanjutnya guru mengunggah (upload) hasil pindai (scan) ijazah asli S-1/D-IV dan SK dua tahun terakhir sebagai Guru Tetap.
d. Guru memilih nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV yang dimililki.
e. Guru memilih dan menetapkan bidang studi PPG yang linier dengan program studi pada ijazah S-1/DIV yang dimiliki.
f. Guru harus aktif memeriksa status hasil verifikasi dan validasi proses pendaftaran seleksi sesuai dengan jadwal terlampir melalui akun SIM PKB masing masing.
g. Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “diterima” dinyatakan sebagai peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019.
h. Guru mencetak kartu peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 melalui laman SIM PKB yang baru di http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id.
i. Guru mengikuti seleksi kemampuan akademik pada waktu dan tempat yang tercantum pada kartu peserta.
j. Pengumuman hasil seleksi kemampuan akademik dapat dilihat pada laman http://sergur.kemdikbud.go.id.

2. Apabila mengalami kendala pada saat pendaftaran karena perbedaan data, Guru diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan data pada Dapodik dan melakukan proses sinkronisasi hingga tanggal 14 Oktober 2019

3. Pelaksanaan verifikasi dan validasi proses pendaftaran seleksi kemampuan akademik dilakukan oleh LPMP dengan memperhatikan:
a. Kesesuaian atau linieritas antara bidang studi PPG yang dipilih dengan program studi pada ijazah S-1/D-4.
b. SK dua tahun terakhir sebagai Guru Tetap.

4. Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.
a. “Diterima” jika bidang studi PPG yang dipilih linier dengan program studi pada ijazah S-1/D-IV dan memiliki SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap.
b. “Ditolak” jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan atau/serta tidak dapat menunjukkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap sampai batas waktu verifikasi berakhir. Contoh kasus : Guru dengan kualifikasi akademik S-1/D-IV Hubungan Internasional tidak linier dengan bidang studi PPG yang tersedia.
c. “Diperbaiki’ jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijasah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan adanya perbaikan dan/atau tidak melampirkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap.

Contoh kasus: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris memilih bidang studi PPG
Guru Kelas SD, maka agar dapat diterima sebagai peserta seleksi kemampuan akademik, guru harus
memperbaiki pilihan bidang studi PPG menjadi Bahasa Inggris. Perbaikan data ajuan dapat dilakukan
paling lambat 26 Oktober 2019.

Jadwal Seleksi Kemampuan Akademik

gtk.belajar.kemdikbud.go.id Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik  Pretes PPGJ

  1. Pendaftaran calon peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 oleh Guru 30 September - 23 Oktober 201
  2. Verifikasi dan validasi linieritas antara bidang studi PPG dengan ijazah S-1/D-IV dan SK Guru Tetap oleh LPMP 2 Oktober - 29 Oktober 2019
  3. Penetapan TUK oleh LPMP 14 - 18 Oktober 2019
  4. Penempatan (Plotting) TUK calon peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 oleh LPMP 30 Oktober - 4 November 201
  5. Cetak kartu calon peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 oleh Guru 5 - 9 November 2019
  6. Pelaksanaan seleksi kemampuan akademik di TUK oleh Ditjen GTK 11 - 23 November 2019. 

Related Posts