Back To Top

Cara Sinkronisasi Dapodik 2013

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
cara sinkronisasi offline dapodik tidak perlu dlakukan lagi, silakan buka cara sinkronisasi online dapodik 2013.

Ada beberapa keluhan dari operator dapodik yang telah selesai, namun tidak tahu dan masih bingung bagaimana cara sinkronisasi dapodik secara offline (tanpa terhubung dengan jaringan internet) ini khusus untuk dapodik versi 2.03 yang banyak bugs dan bermasalah, jika nanti muncul patch versi 2.04 Anda tidak perlu lagi melakukan sinkronisasi offline. Ada 3 tahapan yang wajib dilakukan,


 Berikut beberapa tahapan sinrkonisasi offline yang harus dilakukan.

Tahap Pertama: (Matikan sambungan internet)
  1. buka alamat: http://localhost:6969/
  2. login dengan user/email, koreg, dan pasword yg sesuai dengan aplikasi anda
  3. jika berhasil login dan ada menu sinkronisasi, klik menu tersebut
  4. tunggu beberapa detik sampai ada keterangan sinkronisasi berhasil
  5. jika berhasil ada keterangan ada file yang harus di unduh
  6. unduh file tsb.. kemudian buka explorer folder dowload.. cari file "Data_Send_to_Sync.syc" INGAT DI FOLDER DOWNLOAD.
  7. copy file tsb ke FD (jika mau lewat FD) selesai tuk tahap pertama. (ini tidak perlu dilakukan jika masih dikomputer yang sama, Anda hanya perlu mengingat letak file Data_Send_to_Sync.syc)
  8. TUTUP APLIKASI
gambar di bawah untuk langkah 5 tahap pertama
tahap tahap sinkronisasi offline dapodik 2013

B. Tahap kedua: online
  1. cari komputer yang terhubung dengan akses internet
  2. buka alamat: http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/upload
  3. masukkan datanya dan browse file Data_Send_to_Sync.syc (Terletak di Folder Download, jika tidak anda pindah ke flashdisk)
  4. klik upload
  5. jika upload berhasil ada keterangan file yang harus diunduh
  6. unduh file tersebut nama filenya: KOREGMASING2_Receive_to_Sync.syc
  7. copy file tsb masukan ke FD (jika memakai FD) ini tidak perlu dilakukan jika masih dikomputer yang sama, Anda hanya perlu mengingat letak file KOREGMASING2_Receive_to_Sync.syc biasanya  terletak di folder Downloads)
GAMBAR langkah 2 PROSES SINKRONISASI OFFLINE
gambar langkah Upload / unggah Data_Send_to_Sync.syc

gambar langkah 5 di atas








Tahap ketiga: (MATIKAN INTERNET)

Gambar langkah 3 tahap ke 3 dibawah

tahapan sinkronisasi dapodik secara offline

  1. buka alamat http://localhost:6969/ di komputer yang terintal dapodikdas tadi.
  2. login seperti tahap pertama
  3. tampilan di alamat tersebut akan beda yg tdi ada menu sinkronisasi sekarang menjadi "Push Data Sinkronisasi (lihat gambar di atas)
  4. klik browse : cari file "KOREDMASING2_Receive_to_Sync.syc" (terletak di folder Downloads)
  5. klik push up
  6. tunggu beberapa detik
  7. buka aplikasi dapodikdas anda, lihat di beranda kolom update log sinkronisasi akan ada ketrangan tanggal dan waktu mulai sinkron dan selesai sinkron..


Maka file hasil sinkronisasi tahap pertama juga tersimpan di
drive C:/Program Files/Dapodikdas/dataweb/synch/listfile - buka folder terupdate - Data_Send_to_Sync.syc

Lihat juga Cara Sinkronisasi Online dapodik


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



9 komentar

Makasih sob atas infonya.
Ditunggu info terbarunya.
Salam kenal

kalau Data_Send_to_Sync.syc hilang bagaimana?

aduh ... knpa ya ga ada yg lbih simple ....
malah di bkin yg sering MEMBINGUNGKAN operator...

kami para operator dapodik sangat bingung dengan aplikasi yang tidak mendukung...
dikasih Deadline, tp aplikasinya tdk bsa sinkronisasi ..
harus ap kami jdinya ....
yg jlas jgn slahkan operatornya bila ada keterlmbatan sinkronisasi ..

ketika mau unduh g bs "Error Update Structure, Maaf database anda gagal diupdate" lalu bagaimana???

numpang tanya gan, saya dah unduh Koreg_Receive_to_Sync.syc
apa lagi yang sy lakukan, tlg penjelasannya yg lebih detail, mksh....

udah bisa sinkronisasi x..,,cuman keterangan selesai x blum di konfirmsi oleh pusat..

bagaimana cara agar bisa online lagi? soalnya mau disinkronkan online. tapi tidak ada pilihannya.

klo ga ketemu file Data_Send_to_Sync.syc gmn? soalnya aku udh cari ke download dan folder dapodiknas tapi ga ada