Back To Top

Fitur Export Excel Untuk Mengetahui Hasil Input Dapodikdas

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Dalam menginput data Sekolah, PTK maupun siswa dibutuhkan ketelitian dan kecermatan operator, Masih ada operator yang belum memahami seluk beluk pengisian dapodik khususnya terkait data-data PTK. Beberapa sekolah data yang dikirim/sinkronisasi ternyata masih banyak kekeliruan maupun kurang lengkap dibeberapa item. 

Dalam versi 2.05 ada tambahan fitur yaitu download excel, yaitu file excel yang dapat kita download dari aplikasi dapodik 2013 berupa data guru/PTK, siswa dll. Hal ini penting dilakukan agar kita dapat mengetahui sampai sejauh mana letak kelengkapan dan kebenaran data yang operator kirim/sinkronisasi ke pusat data atau server dapodik.

Untuk mendownload hasil pekerjaan operator sebenarnya cukup mudah. Silakan ikuti tutorialnya berikut ini:

1. Login ke aplikasi menggunakan email dan password pilih semester 1.



Mengapa semester 1?. Hasil download akan berbeda antara semester 1/ganjil dan genap. Jadi jika kita belum mengerjakan semester 2 sebaiknya kita cek dulu pekerjaan di semester ganjil 2013/2014.

Klik Profil Sekolah. tunggu sebentar, maka akan muncul hasil download, cek di folder downloads.
fitur download excel untuk mengetahui hasil input data dapodik. mengecek kembali hasil input dapodik apakah sudah benar atau lengkap
GAMBAR 1 DOWNLOAD EXCEL PROFIL SEKOLAH

Buka file excel hasil download, biasanya bernama "profile SD nama sekolah tanggal dan jam kita download". Buka file tersebut. Jika muncul seperti gambar di bawah klik Ya

export dapodikdas untuk melihat data siswa

2. Setelah terbuka, silakan cek-cek kembali data-datanya. pada tab profil, prasarana, sarana, rombel, PTK dan peserta didik.


cara melihat hasil input dapodik lewat menu unduh excel profil sekolah

Kesalahan atau kekurangan yang banyak terjadi adalah pada tab PTK, yaitu berupa data-data individu PTK. Silakan buka post tentang  cek hasil sinkronisasi dapodik untuk mengetahuinya.


cara melihat hasil input dapodik lewat menu unduh excel profil sekolah


Perhatikan gambar data PTK hasil download excel/profil sekolah, ada item-item antara lain, tingkat pendidikan terakhir PTK, jurusan pendidikan PTK, sertifikasi, jabatan ptk di sekolah, tanggal mulai tugas, tugas tambahan dan jumlah JJM perminggu. Perhatikan baik-baik jika terdapat kesalahan terutama JJM dan Jenis Kepegawaian PTK serta NUPTK Guru masing2, karena ini akan berpengaruh terhadap Tunjangan profesi dan tunjangan fungsional guru ybs.

Nah bagaimana sudah lengkap dan benar data PTK di aplikasi dapodik Anda? jika sudah benar dan lengkap silakan lakukan sinkronisasi secara online.


3. Data Peserta Didik pada profile sekolah

Data peserta didik di sini adalah secara umum. yang memuat data usia peserta didik, siswa dan jumlahnya menurut agama dan data peserta didik menurut penghasilan orangtua, semua ini adalah hasil data yang kita input di aplikasi dapodik.

4. Unduh Absensi Peserta Didik (Lihat gambar 1)

Pada menu ini kita bisa mendownload nama-nama peserta didik berdasarkan rombel, dan disitu terdapat nama rombel dan jumlah dan jenis kelamin siswa.



5. Unduh export Excel pada tab PTK dan Peserta Didik

Selanjutnya adalah kita unduh excel di masing-masing tab,  Di sini tersedia unduh excel untuk data PTK dan Peserta didik. silakan masuk ke tab PTK dan Peserta Didik, Klik Unduh,(lihat kanan atas  aplikasi dapodik)

  • Pada tab PTK memuat data lengkap PTK, kecuali jumlah JJM yang bisa kita lihat di profile sekolah. 
  • Sedangkan pada tab peserta didik memuat data lengkap siswa yang kita isikan di aplikasi dapodik. Buka tab peserta Didik> Klik Action menu > Unduh Excel

    unduh excel peserta didik
Nah demikian beberapa menu unduh excel yang bisa kita explorasi, perhatikan baik-baik jika terdapat kesalahan maupun kekurangan data. Salam Operator.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google