Back To Top

Cara Verval PD dan NISN Hasil Sinkron Dapodikdas

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
Buat anda yang ingin mencari NISN siswa lama silakan buka artikel cara mencari nisn siswa. Rasanya kurang tepat dengan judul diatas ya, karena update informasi mengenai NISN siswa terbaru 2014 ini sebenarnya adalah NISN lama namun ada beberapa tambahan yaitu mereka yang belum memiliki NISN untuk kelas 2, 3, 4, 5, dan 6 serta untuk NISN terbaru kelas 1 tahun ajaran 2013/2014.
Inti artikel ini adalah upaya verifikasi dan validasi peserta didik yang ada di server PDSP agar masuk di tab referensi sekolah kita.

Adapun alamat verval siswa  tersebut adalah http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/
Untuk verval PD siswa dari madrasah kemenag linknya http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/


verval peserta didik dapodik

Silakan login dahulu dengan menggunakan email dan password dapodik sekarang, Namun jika gagal coba login menggunakan email dan passsword dapodik 2012/ versi lama. Karena ini yang terjadi dengan saya, saat login menggunakan username/email dapodikdas terbaru tidak bisa, setelah saya coba dengan email dan password dapodik 2012 malah bisa login.


sinkronisasi dapodikdas 2013. cek NISN terbaru kelas 1 SD 2013/2014, verval peserta didik dapodikdas verval pd

Lihat gambar diatas, Ada beberapa tab yang barangkali teman operator masih bingung. Berikut beberapa penjelasannya:

Tab Home

tab ini memuat progress harian hasil verifikasi dan validasi di tab residu, akan terlihat perbandingan data residu dengan data referensi.

Tab Referensi

Tab referensi adalah data yang telah valid dan sudah ber NISN termasuk siswa yang sudah lulus tahun lalu (sekarang kelas 7). Anda bisa mengcopynya ke format excel. penjelasannya di bawah.
Mengapa cuma sebagian kelas 1 yang ada di tab referensi ini? Kemungkinan penyebabnya masih diproses, bisa juga karena adanya ketidakkonsistenan data. yang harus kita verifikasi di tab Residu.
Di Tab referensi memuat data nama-nama siswa perkelas beserta NISN, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, dan jenis kelamin. Siswa kelas 1 yang ada di sini adalah siswa yang tidak naik pada tahun sebelumnya.

Untuk memudahkan ada baiknya menampilkan jumlah siswa maksimal ke angka 50. Klik tanda panah kecil di "page size" akan muncul pilihan angka 10, 20 dan 50.

Tab Residu


Tab residu adalah data yang perlu anda verifikasi dan validasi datanya.

~ klik pada nama siswa nanti akan muncul nama nama yang ada di bawahnya, nah data nama yang ada dibawah ini ada data dari PDSP sedangkan yang diatas adalah data dari dapodik.

~ Apabila data tidak sama dengan data di dapodik maka klik tombol no match dan apabila datanya tinggal klik match saja tapi pelajari dulu nama yang tidak sama.

Tab Edit Data

Tab ini baru saja diupdate oleh pihak PDSP, fungsinya untuk mengubah nama siswa dan tanggal lahir siswa (YANG SUDAH MASUK DI TAB REFERENSI) seperti . Cara menggunakannya klik tab edit data pilih nama siswa, klik ikon pensil berwarna orange, maka tersedia menu untuk mengubah nama siswa dan tanggal lahir, Klik Update untuk mengubah, dan cancel untuk membatalkan. YANG PERLU DIPERHATIKAN adalah susunan penanggalan, di sini didahului oleh bulan, tanggal lahir kemudian tahun lahir.

Tab Unmatch.

tab ini muncul jika kita membuka tab referensi, fungsinya untuk mengnembalikan data dari tab referensi ke dalam tab residu.

3. Tab System > logout digunakan untuk keluar dari web verval peserta Didik.

Cara verifikasi dan validasi Siswa di Tab Residu


Bagaimana cara kerjanya? Saya juga agak bingung awalnya. namun berdasarkan pemahaman mandiri berikut penjelasan yang bisa saya berikan.


Dalam tab residu memuat nama-nama siswa yang belum memiliki NISN Tab residu lah yang harus operator kerjakan dengan cara mencari atau menyesuaikan data yang ada dengan di aplikasi dapodikdas. Dalam tabel residu ini adalah siswa yang belum punya NISN, sudah punya NISN namun memiliki data yang diperkirakan ganda di server PDSP.

Contoh penggunaan tab residu di verval Peserta Didik PDSP

pada tab residu ada siswa bernama Dimas Cahyo Setianto Siswa kelas 6 . Nama Siswa ini tidak ada di tab referensi, Saat saya klik Tab residu, Klik nama ybs. Akan muncul nama yang mirip Dimas Cahya Setianto. Nah di sinilah tugas kita dalam memverifikasi dan validasi siswa tersebut, karena ada data ganda di server PDSP. untuk Nama Dimas Cahyo Setianto adalah nama yang sesuai di aplikasi dapodikdas, sedangkan di server PDSP terdapat 2 nama yang hampir sama. Dimas Cahyo Setianto dan Dimas Cahya Setianto. Caranya:

1. Klik nama Siswa, tunggu beberapa saat, akan muncul nama yang agak berbeda,
2. lihat apakah ada kesamaan tanggal lahir dan nama Ibu kandung serta tempat lahir. 

3. Jika Ya,  centang pada nama yang mirip dibawahnya, 
4. lalu klik Match, tunggu loading beberapa saat, (ini proses pengiriman data ke server) verifikasi dan validasi untuk siswa Dimas Cahyo Setianto Siswa kelas 6 selesai.

sinkronisasi dapodikdas 2013. cek NISN terbaru kelas 1 SD 2013/2014, verval peserta didik dapodikdas verval pd
Verifikasi dan validasi / verval peserta didik

Atau kalau lebih jelas bisa dilihat paparan di bawah ini:
1. Pilih / Klik salah satu siswa di tab residu
2. Jika muncul nama yang mirip centang nama siswa tersebut, (lihat gbr di bawah)
3. Klik Match, Match di sini artinya cocok, tujuannya untuk menghapus data di tab residu agar dapat masuk di tab Referensi

Sekarang lihat setelah di klik Match nama siswa yang mirip tadi akan hilang/kosong dan muncul di tab referensi, di tab Home akan muncul progress verval tadi.



Setelah proses Match selesai, cek di tab Home arahkan ke bagian warna hijau, residu jumlahnya akan berkurang

Tab residu sebelum di verval
verifikasi dan validasi NISN peserta didik baru hasil sinkronisasi dapodikdas 2013. cek NISN terbaru kelas 1 SD 2013/2014, verval peserta didik dapodikdas verval pd
Tab residu sesudah di verval

verval peserta didik
Tab refernsi sebelum di verval
verval PD
Tab referensi sesudah di verval di tab referensi akan bertambah
verifikasi dan validasi NISN peserta didik baru hasil sinkronisasi dapodikdas 2013. cek NISN terbaru kelas 1 SD 2013/2014, verval peserta didik dapodikdas verval pd

Lihat juga jumlah siswa yang berhasil di verval di tab home, pada progress harian.

Tulisan telah disempurnakan menjadi beberapa bagian silakan buka
1. Cara mengubah NISN dan Nama/Tanggal Lahir Siswa
2. Penjelasan dan cara menggunakan Menu Konfirmasi Data Verval PD/NISN

Kasus lain untuk NISN siswa kelas 1

Masuk ke tab residu, sebagai contoh nama dibawah adalah Bilal Setiawan siswa kelas 1, Klik siswa tersebut, tidak ada nama dibawahnya alias "no record to display). Anda tinggal klik NOT MATCH, maka secara otomatis akan berpindah ke tab referensi.

NISN kelas 1 di tab residu


verifikasi dan validasi nisn peserta didik
Lihat hasilnya di Tab referensi NISN atas nama Bilal Setiawan sudah muncul (gbr atas)


Catatan: jika verval gagal saat matching peserta didik, kemungkinan jaringan internet, ataupu server sedang sibuk. coba aja pada jam-jam sepi. hehhe


untuk contoh atau tutorial videonya bisa dilihat di verval PD kelas 1 lewat video youtube
untuk siswa kelas 6 lihat di video ini

Cara menyimpan hasil Verval  Peserta Didik.

1. Buka MS Excel
2. Blok semua cell menjadi format teks
3. Login ke VERVAL PD
4. Klik tab Referensi
5. Blok Judul dan Isi dari tab Referensi dan klik kanan Copy
6. Buka MS Excel tadi, klik Paste Special, pilih Teks Unicode, klik OK.

Salah satu yang membuat agak ribet adalah kita harus melihat satu persatu, verifikasi dan validasi nama peserta didik yang masuk di tab residu. Belum lagi di patch 2.08 operator harus meninput nilai raport peserta didik. sedaaap, capek deeech, Gimana ya server dapodikdas, udah sehat apa belum...?

Tulisan telah disempurnakan menjadi beberapa bagian silakan buka
1. Cara mengubah NISN dan Nama/Tanggal Lahir Siswa
2. Penjelasan dan cara menggunakan Menu Konfirmasi Data Verval PD/NISN

demikian cara melakukan verval PD lengkap


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



14 komentar

tanya dong gan :

kalo jumlah siswa yang ada di sekolah tidak sama dengan jumlah siswa yang ada di referensi gmna gan...
soalnya jumlah siswa disekolah saya sama data di referensi selisihnya hampir 40 anak... apa yang harus saya lakukan gan biar data nya sama...

tolong di komen ya .. makasih...

NAMA DI RESIDU ADA, setelah klik nama muncul nama nama yang mirip tapi sama sekali tidak ada yang match datanya, terus apa yang harus dilakukan supaya data bisa pindah ke referensi

setelah klik nama muncul nama yang mirip, akan tetapi tidak satupun ada yang sama datanya, sehingga tidak ada yang match, solusinya bagaimana ?

lewati saja dulu, jika tidak ada yang cocok, tunggu instruksi selanjutnya

data sama tetapi nama ibu kok tidak ada semua, apakah boleh di match, tolong pencerahannya

Boleh Mas, itu khan dari data dapodik versi lama yg diambil. biasanya kelas 4, 5 ,6 sy kira itu.

Mau tanya Bu. Kalo salah match pd dan mau menghapus data pd di referensi gmn?Terima Kasih

ada cara untuk mengembalikan nama anak dari tab referensi ke tab residu tidak? saya salah klik

data sama, tapi nama nya ada kesalahan dikit kurang 1 huruf, trus nama ibu nya 0.....sy sudah pindahkan ke referensi, tapi cara merubah nama dan memasukan nama ibu nya gmn ? mohon pencerahannya......

mohon pencerahan, bagaiman data diresidu ada, tapi setelah dimacth, ada tulisan no display,...........mohon dibantu perbaikannya

pak saya punya siswa pindahan pas saya masukan datanya terus singkron kok gx ada di residunya mohon pencerahanya... jwbn saya tunggu pak

bagaimana cara login verval pd.kok susah banget

Sudah diverval semua, tapi setelah login ke manajemen un masih ada data siswa yang berwarna merah dan belelum mempunyai NISN