Back To Top

Penjelasan Data Yang Akan Dikirim Saat Akan Sinkronisasi

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Banyak operator dapodik yang bingung mengenai hal "data yang akan dikirim" dan "data yang mengalami perubahan" "data yang anda hapus dan anda kirim" pada saat akan memulai sinkronisasi dapodik, maupun setelah selesai sinkronisasi. Salah satu pertanyaan yang sering dikemukakan operator adalah "kok jumlah PTK berbeda dengan jumlah PTK yang ada di aplikasi dengan data yang akan dikirim".

Baiklah untuk menjawab pertanyaan tersebut bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah:



Data yang dihapus dan akan di kirim
Gambar 2


Pada gambar 2 di atas adalah selesai sinkronisasi terlihat jumlah PTK terdaftar adalah 69 padahal kenyataannya adalah 23 nah mengapa muncul angka 63 tadi? Angka tersebut menunjukkan data-data terkait DATA UTAMA PTK yang kita input dalam dapodik, sinkronisasi di atas adalah sinkronisasi lanjutan (bukan sinkronisasi pertama kali) sehingga data-data di atas adalah data tambahan saja. Lihat sinkronisasi yang berhasil

Data yang mengalami perubahan sinkronisasi dapodik
gbr 3 data yang akan mengalami perubahan

Dari tampilan saat akan melakukan sinkronisasi lanjutan di atas, muncul tulisan data yang mengalami perubahan.
Pada tabel PTK jumlah data 1 adalah perubahan pada data UTAMA PTK, banyak data terkait hal ini, dalam hal ini adalah perubahan yang saya saya lakukan pada pangkat PNS PTK 1 orang.

Ptk terdaftar di atas adalah perubahan pada tab PENUGASAN yang saya centang sesuai anjuran petinggi dapodikdas agar di centang sampai bulan Maret. Demikian pula data Riwayat sertifikasi ada 2 data yang saya perbaharui terhdap 2 orang PTK. Jika ada  5 data dengan 1 PTK maka akan tertulis jumlah data disitu . Termasuk Riwayat Gaji Berkala.

Oke teman-teman operator saya kira sudah paham ya, gak usah bingung pokoknya sinkron sinkron dan sinkron. hehehe. Mudahan Server Tidak dalam perbaikan melulu.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google