Back To Top

Tanya jawab Seputar CPNS 2014

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Tes CPNS 2014 preses pendaftaran dan tes dilakukan secara online, buat kita yang baru pertama kali ikut barangkali masih ada beberapa masalah atau pertanyaan yang belum terjawab. Berikut beberapa tanya jawab seputar tes CPNS 2014

1. Bagaimana cara melakukan pendaftaran online?
    Pendaftaran online dapat dilakukan melalui portal nasional di https://regpanselnas.menpan.go.id

2. Apakah saya bisa mendaftar dua kali?
    Tidak bisa. Setiap calon peserta hanya bisa mendaftar di 1 instansi, baik itu instansi pusat atau daerah.

3. Benarkah disediakan formasi untuk lintas disiplin ilmu?
    Dalam rekrutmen CPNS 2014 disediakan formasi sebesar 5% untuk lintas disiplin ilmu.

4. Persyaratan apa saja yang diperlukan dalam tahapan registrasi?
    Saat registrasi awal yang diperlukan hanya Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan, dan alamat e-mail.    Untuk persyaratan administrasi SKCK, Surat Keterangan Sehat, dan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) tidak    diperlukan pada tahap registrasi.

5. Apakah masyarakat perlu mengeluarkan biaya dalam proses penerimaan CPNS 2014?

    Tidak. Penerimaan CPNS Tahun 2014 gratis. Sama sekali tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran s/d pengumuman hasil kelulusan.

6. Mengapa formasi pada beberapa instansi baik pusat maupun daerah belum dapat diklik/dilihat pada
    portal panselnas?

    Formasi belum dapat diklik/dilihat karena masih dalam proses validasi dan verifikasi dari tim panselnas sehingga belum    dapat dipublikasikan. Jika proses validasi dan verifikasi telah selesai, formasi akan langsung diinput ke dalam sistem dan    pelamar dapat langsung melihatnya.

7. Apakah ada formasi untuk SMA atau SMK?

    Formasi untuk SMA atau SMK memang tersedia namun hanya instansi tertentu saja, silahkan menggunakan mode “cari”    yang terdapat dalam halaman Formasi CPNS 2014.

8. Apakah yang dimaksud dengan ‘kualifikasi pendidikan S-1 semua jurusan’?

    Jabatan dengan kualifikasi pendidikan S1 semua jurusan berarti untuk jabatan tersebut dapat dilamar oleh  semua    jurusan dari jenjang pendidikan S1.

9. Bagaimana jika pelamar tidak menerima email konfirmasi setelah melakukan pengisian formulir
      registrasi?


  • Pelamar yang belum menerima email konfirmasi dapat langsung login ke instansi yang dituju minimal 1X24 jam        setelah pengisian formulir registrasi.
  • Login ke instansi yang dituju menggunakan username yakni “NIK” dan password yang sama seperti saat pelamar        melakukan input saat pengisian formulir registrasi. (2)*
  • Email akan tetap dikirimkan, pelamar dimohon untuk bersabar. Jika email notifikasi dari Panselnas tidak terkirim    pelamar dapat menggunakan cara seperti pada langkah poin kedua di atas.*
10. Apakah pendaftaran harus menggunakan e-KTP?

      Pelamar dapat menggunakan KTP atau e-KTP yang berlaku, yang terpenting mereka memiliki NIK.

13. Bagaimana jika saat pelamar mengisi data diri di registrasi panselnas tertulis NIK telah terpakai?

      Pelamar dapat mengirimkan email kepada tim panselnas dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK. Di dalam      email tersebut mohon dicantumkan identitas pelamar yang terdapat dalam KTP, kemudian dilampirkan pula scan KTP      dan scan ijazah/akta kelahiran. Tim panselnas akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut.

14. Bagaimana jika saat pelamar melakukan registrasi di portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi      tertulis username tidak ditemukan?

      Untuk dapat login ke portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi, pelamar harus menunggu setidaknya 1x24      jam setelah registrasi di portal panselnas. Jika setelah 1x24 jam masih tidak dapat login, maka silahkan mengirimkan  email dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK, serta mengisikan kembali data sesuai dengan   arahan pada running text portal Panselnas.

15. Mengapa saat melakukan registrasi di portal pansenas tidak ada pilihan instansi yang dituju dalam
      daftar?


      Jika saat pengisian formulir registrasi, pelamar tidak menemukan instansi yang dituju berarti instansi tersebut belum   membuka pendaftaran (masih dalam proses). Silahkan selalu melakukan pengecekan pada status dan jadwal di portal  panselnas.

16. Kapan dan berapa lama instansi membuka pendaftaran?

      Untuk mengetahui jadwal pendaftaran, pelamar dapat melihat menu status dan jadwal. Pendaftaran pada sebuah  instansi akan dibuka selama 14 hari terhitung mulai tanggal dibuka di portal panselnas.

17. Bagaimana jika pelamar salah melakukan input data saat melakukan registrasi di portal panselnas?

      Data yang telah diinput tidak dapat diubah kembali, untuk itu peserta harus super hati-hati dalam pengisian data.

18. Apakah pelamar dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas?

      Pelamar tidak dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas.

19. Jika lokasi pelamar berada di daerah, apakah tes harus dilakukan di Jakarta?
      Untuk pelamar dari daerah yang ingin mendaftar di instansi pusat yang tidak memiki kantor wilayah, tes tidak harus dilakukan di Jakarta. Pelamar dapat melakukan tes di Provinsi di bawah koordinasi Regional BKD.

20. Apakah dapat menggunakan SKL jika pelamar belum memiliki ijazah?

      Pelamar tidak diperkenankan menggunakan SKL ketika melakukan pendaftaran.

21. Berapa skor TOEFL yang disyaratkan untuk melakukan pendaftaran?

      Standar skor TOEFL ditetapkan oleh masing-masing instansi.

22. Apa saja materi yang diteskan dalam tes TKD menggunakan CAT?

  • Materi dalam CAT terbagi menjadi tiga yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Soal dalam tes CAT sebanyak 100 soal yang harus dikerjakan dalam 90 menit. Hasil dari tes CAT dapat langsung diketahui peserta setelah tes selesai.
  • Disamping tes TKD, instansi dapat melaksanakan tes TKB berdasarkan kebutuhan jabatan dan organisasi.

sumber menpan.go.id


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google