Back To Top

Ruang Lingkup Pembelajaran Kurikulum 2013

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifik dapat menggunakan beberapa strategi seperti pembelajaran kontekstual. Model pembelajaran merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memiliki nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya misalnya discovery learning, project-based learning, problem-based learning, inquiry learning.

Kurikulum 2013 menggunakan modus pembelajaran langsung (direct instructional) dan tidak langsung (indirect instructional). Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan menggunakan pengetahuan peserta didik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP. Dalam pembelajaran langsung peserta didik melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung, yang disebut dengan dampak pembelajaran (instructional effect). 

Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajaran langsung yang dikondisikan menghasilkandampak pengiring (nurturant effect). Pembelajaran tidak langsungberkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam KI-1 dan KI-2. Hal ini berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pengembangan nilai dan sikap sebagaiproses pengembangan moral dan perilaku, dilakukan oleh seluruh matapelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan
masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran Kurikulum2013, semua kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler baik yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat (luar sekolah) dalam rangka mengembangkan moral dan perilaku yang terkait dengan nilai dan sikap.

Pendekatan saintifik meliputi lima pengalaman belajar sebagaimana tercantum dalam tabel berikut.



Langkah Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Bentuk Hasil Belajar
Mengamati (observing)
mengamati dengan indra (membaca, mendengar,
menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat
perhatian pada waktu
mengamati suatu
objek/membaca suatu
tulisan/mendengar suatu penjelasan, catatan yang dibuat
tentang yang diamati, kesabaran, waktu (on task) yang digunakan untuk mengamati
Menanya (questioning)
membuat dan mengajukan
pertanyaan, tanya jawab, berdiskusi  tentang informasi
yang belum dipahami, informasi tambahan
yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.
jenis, kualitas, dan jumlah pertanyaan yang diajukan peserta didik (pertanyaan
faktual, konseptual, prosedural, dan hipotetik)
Mengumpulkan
informasi/mencoba (experimenting)
mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan,
meniru bentuk/gerak,
melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain
buku teks, mengumpulkan data
dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan
memodifikasi/
menambahi/mengembangkan
jumlah dan kualitas
sumber yang
dikaji/digunakan,
kelengkapan
informasi, validitas
informasi yang
dikumpulkan, dan
instrumen/alat yang
digunakan untuk
mengumpulkan data.
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan,
menganalisis data dalam bentuk membuat kategori,
mengasosiasi atau menghubungkan
fenomena/informasi
yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan
menyimpulkan.
mengembangkan
interpretasi, struktur
baru, argumentasi,
dan kesimpulan  yang
menunjukkan
hubungan
fakta/konsep/teori
dari dua sumber atau
lebih yang tidak
bertentangan;
mengembangkan
interpretasi, struktur
baru, argumentasi dan
kesimpulan dari
konsep/teori/pendapat
yang berbeda dari
berbagai jenis sumber.
Mengomunikasikan
(communicating)
menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan
tertulis; dan menyajikan laporan
meliputi proses, hasil,
dan kesimpulan secara
lisan
menyajikan hasil
kajian (dari mengamati
sampai menalar)
dalam bentuk tulisan,
grafis, media
elektronik, multi
media dan lain-lain























Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google