Back To Top

MATERI PEMBELAJARAN/WORKSHOP PLPG

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru
MATERI PEMBELAJARAN/WORKSHOP PLPG
Materi PLPG disusun dengan memperhatikan empat kompetensi guru, yaitu: (1) pedagogik, (2) profesional, (3) kepribadian, dan (4) sosial. Pembelajaran atau materi saat PLPG secara umum bisa disebutkan sebagai berikut.:
MATERI PEMBELAJARAN/WORKSHOP PLPG
plpg 2015

Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
Materi ini meliputi: (1) pengembangan pribadi berkarakter, antara lain: (a) citra diri positif, (b) etika, (c) etos kerja, (d) komitmen, dan (e) empati; (2) penilaian kinerja guru (PKG); dan (3) pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru.

Materi Konsep Kurikulum; Materi ini mencakup pengorganisasian kompetensi dan struktur
kurikulum, baik untuk SD, SMP, maupun SMA/SMK, namun harus ditekankan pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan tempat tugas mayoritas peserta pada rombel PLPG itu.

Pendalaman Materi Bidang Studi dan Strategi Pembelajaran; Materi yang diberikan disesuaikan dengan kompetensi awal guru dan strategi pembelajarannya disesuaikan dengan kondisi peserta
PLPG.

Materi Penelitian Tindakan Kelas; Materi PTK diberikan untuk membekali peserta PLPG dalam menyusun rancangan proposal PTK, mencakup:(1) pendahuluan; terdiri atas latar belakang, rumusan
masalah, dan tujuan penelitian, (2) kajian teori sekurang-kurangnya butir-butir variabel yang akan
ditelaah, (3) metode penelitian sekurang-kurangnya setting penelitian, subjek, tempat  dan waktu, rancangan penelitian, dan teknik analisis data.

WorkshopPengembangan dan Pengemasan Perangkat Pembelajaran ; Materi workshop adalah pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil analisis KD yang  diminati oleh peserta.

Baca Tata Cara Pelaksanaan PLPG Bagian 1
Bersambung Ujian Kompetensi diakhir PLPG
Buka juga modul PLPG


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google