Back To Top

PUPNS Tanggung Jawab Individu Guru PNS

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Berbagai macam aplikasi pendataan diluncurkan pemerintah, khusus di bidang pendidikan saja ada dapodik, padamu negeri (sudah gak dipake) verval PD, verval PTK, dan aplikasi lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Dari yang berbasis semi online, hingga yang full online.

Pendataan Ulang PNS (PUPNS) merupakan program BKN dalam mendata ulang data lengkap  PNS setelah pernah dilaksanakan pada 2003 lalu. Diperkirakan terdapat perbedaan database antara data manual di berkas PNS dengan data BKN, Oleh karena itulah PUPNS ini diselenggarakan yang diharapkan tidak ada lagi kesalahan data yang tentunya akan menyulitkan nanti saat akan pensiun.
image by buneti.worpdress.com

PUPNS merata diberlakukan kepada seluruh PNS, tak terkecuali guru. Sehingga guru dituntut mampu mengerjakan aplikasi PUPNS secara mandiri mengingat hal ini terkait dengan data pribadi PNS guru tersebut. Mengapa kami katakan PUPNS tanggung jawab pribadi? Berikut alasan-alasannya.

1. Data yang diisikan dalam PUPNS merupakan data pribadi, penting, dan terbaru seminimal mungkin jangan sampai ada kesalahan dalam input data. Anda tentu tidak menginginkan saat pensiun nanti diribetkan karena ada kesalahan data. Operator sekolah manusia biasa, bisa saja salah, apalagi jika harus mengerjakan PUPNS beberapa orang guru. Belum lagi jika ada "dendam kesumat" dari operator sekolah, bukan tidak mungkin pengisian PUPNS data Anda dibuat salah.

2. Bulan Nopember nanti akan diselenggarakan Uji Kompetensi Guru oleh Ditjen GTK. Yang pelaksanaannya full online. Jika guru tidak pernah sama sekali memegang mouse dan berhadapan dengan komputer... Tak tau apa yang terjadi.

3. Pengisian PUPNS dilaksanakan full online, tentu membutuhkan kesabaran, pengetahuan, biaya dan waktu yang tidak sebentar. Jika anda merasa tidak mampu, dan terpaksa menyerahkan ke operator sekolah, hargailah pekerjaan operator, berikanlah reward/penghargaan (tau sendiri lah maksudnya)

Sekali lagi PUPNS merupakan TANGGUNG JAWAB pribadi guru PNS itu sendiri. "Tapi Saya tidak bisa"... Jika ingin belajar, mintalah bimbingan kepada teman yang lebih paham atau kepada operator sekolah agar dibimbing. Bagaimanapun tantangan guru ke depan semakin tinggi, tuntutan pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan TIK semakin banyak. Selanjutnya keputusan ada di tangan Anda sendiri.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



1 komentar:

tapi banyak PNS yang tidak mengerti atau pura2 tidak mengerti, mudah2 dengan membaca artikel ini PNS akan sadar dengan TUPFOKSI nya.....
terima kasih..sudilah mampir di blog ini.http://sdn01negeribesar.blogspot.co.id