Back To Top

Konversi / Penyesuaian Bidang Studi Sergur

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Konversi Atau Penyesuaian Bidang Studi Sergur 

Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan telah dilaksanakan sejak tahun 2007. 
Sertifikasi tersebut dilakukan terhadap guru dalam berbagai mata pelajaran dengan 3 (tiga) jalur yaitu Portofolio, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), dan Pemberian Sertifikat Pendidik Langsung (PSPL). Secara teknis semua guru yang mengikuti proses sertifikasi guru memiliki nomor peserta yang melekat pada guru tersebut hingga yang bersangkutan dinyatakan lulus. Nomor peserta tersebut tertulis pada sertifikat pendidik yang diterima oleh guru yang secara eksplisit memberikan
informasi dalam bentuk kodefikasi angka antara lain: tahun, propinsi, kota/kabupaten, mata pelajaran dan nomor urut peserta.   
Informasi tentang mata pelajaran tercantum pada digit ke-7, 8 dan 9 (3 digit) dalam nomor peserta sertifikasi. Kode mata pelajaran pada nomor peserta dijelaskan pada Pedoman Sertifikasi Guru Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta. Kodefikasi mata pelajaran tersebut mengalami perubahan pada tahun 2009 karena penyesuaian dengan kebijakan dan ketetapan yang berlaku tentang mata pelajaran dan jenis guru yang mengajar di sekolah.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Kepala Badan  Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BSPDMPK-PMP) telah mengeluarkan surat nomor 26269/J/LL/2012 tanggal 9 Oktober 2012 tentang Penyesuaian Kode dan Nama Bidang Studi Sertifikasi. Pada surat tersebut dilampirkan aturan penyesuaian kode mata pelajaran yang digunakan pada tahun 2006 hingga 2008 ke sistem pengkodean tahun 2009.   
Berdasarkan surat tersebut, dalam rentang tahun 2012-2013, telah dilaksanakan proses konversi kode peserta sertifikasi guru melalui LPTK/Rayon penyelenggara sertifikasi. Akan tetapi, hingga saat ini masih terdapat peserta sertifikasi guru yang belum mengajukan konversi sehingga kode mata pelajaran yang tercantum pada sertifikat tidak terbaca sebagai mata pelajaran yang dikenal menurut sistem kode mata pelajaran tahun 2009.  
Untuk itu Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) merancang aplikasi untuk sistem komputerisasi konversi data sertifikat pendidik yang akan digunakan oleh  Dinas Pendidikan Kab./Kota dan LPTK/Rayon penyelenggara sertifikasi guru dalam  proses konversi nomor peserta sertifikasi guru menurut aturan yang telah ditetapkan. 

konversi bidang studi sergur bagi peserta sergur yang memperoleh sertifikat pendidik tahun 2007, 2008, 2009

Aplikasi online konversi bidang studi sergur ini merupakan aplikasi berbasis web yang dikelola oleh dinas pendidikan kabupaten kota dan LPTK penyelenggara sergur.Mengapa perlu konversi bidang studi sergur? Berikut alasannya. Sergur dalam jabatan telah dilaksanakan sejak 2006 dimana guru yang sudah lulus sergur berhak mendapatkan sertifikat pendidik.

Sejak 2009 kode bidang studi sergur telah berubah, dan menimbulkan masalah dan kerancuan apalagi sejak adanya dapodik. Pada 2012 kepala BPSDMPK-PMP mengeluarkan surat mengenai hal ini dengan surat nomor 26269/J/LL/2012 tentang penyesuaian kode dan bidang studi sergur.

Program konversi ini ditujukan bagi guru yang telah ikut sergur pada tahun 2006, 2007, 2008, 

Alur proses konversi

konversi bidang studi sergur bagi peserta sergur yang memperoleh sertifikat pendidik tahun 2007, 2008, 2009
Konversi / Penyesuaian Bidang Studi Sergur

Apa yang harus dilakukan guru peserta sergur 2007 hingga 2009?

Yang pertama guru harus mengumpulkan berkas persyaratan yakni:
  1. Fotokopi sertifikat pendidik
  2. SK tugas mengajar/ pembagian tugas ajar
  3. Surat keterangan atau surat pengantar dari kepala sekolah 
  4. Fotokpi ijazah S1/D4 yang dilegalisir
Kemudian guru menghubungi admin dinas pendidikan yang mengurusi masalah konversi ini. Ingat konversi bidang studi sergur ini urusan guru yang disertifikasi tahun 2006, 2007, 2008 dan silakan melapor ke dinas pendidikan untuk info lengkapnya.

untuk keperluan silakan unduh dan pelajari konversi bidang studi berikut ini:
konversi bidang studi langsung
konversi bidang studi tidak langsung


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google