Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

JK: Jangan Lagi Pukul Murid Dengan Penggaris

"Dulu memukul murid dengan penggaris hal biasa, namun hal tersebut bisa jadi kriminal saat ini"

Pendidikan dewasa ini telah mengalami perubahan. Tingginya arus informasi, perubahan cara berfikir masyarakat berdampak pada pandangan masyarakat tentang pendidikan. Banyak kasus peradilan yang melibatkan antara pendidik dengan masyarakat terutama orangtua siswa.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pembukaan dialog nasional Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dengan menyinggung kasus seorang guru SMPN 1 Bantaeng yang ditahan karena mencubit muridnya. Melihat itu, JK menilai telah terjadi perubahan zaman.


Menurut Ketua Umum Palang Merah Indonesia, para guru harus berhenti mencubit maupun memukul murid dengan penggaris. Metode tersebut, kata dia, sudah tak layak diterapkan.

"Guru tidak bisa mengajar sama seperti 30 tahun yang lalu," ungkap JK.

Terkait dengan peranan guru dalam memajukan bangsa, JK memastikan alokasi anggaran pendidikan akan bertambah seiring meningkatkan APBN. Saat ini, 20 persen dari total APBN dialosikan untuk dana pendidikan.

"57 persennya (anggaran pendidikan) di antaranya untuk guru. Dari sisi anggaran cukup besar," pungkas dia. metrotvnews.com

Related Posts