Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Login SIM PKB Guru 2019-2020


SIM PKB merupakan aplikasi online bagi guru untuk mengetahui berbagai macam informasi keguruan. Jika dulu untuk mengecek berbagai macam data dan informasi terpisah-pisah di alamat tertentu, maka lewat SIM PKB semua dijadikan satu agar guru lebih mudah mengakses secara mandiri.

Buka juga gtk.belajar.kemdikbud.go.id Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Pretes PPGJ

Untuk mendaftar atau registrasi dalam rangka mendapatkan akun guru pembelajar, silakan buka link artikel cara registrasi SIM PKB dan cara mendapatkan akun SIM PKB.

Baca Juga
Cara Download Sertifikat Diklat PKP di SIM PKB
Cara mendaftar pretes PPGJ di SIM PKB
Solusi permasalahan saat mendaftar pretes PPGJ
Tanya Jawab Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik PPGJ 
Cek jadwal pretes PPGJ 2019

Sebelumnya di tahun 2015, SIM PKB disebut Guru Pembelajar Online (GPO) , dimana data yang ditampilkan adalah data Hasil UKG tahun 2015 yang dibutuhkan untuk keperluan pelatihan Guru Pembelajar.   Diklat GPO tersebut menggunakan 3 mode yakni, tatap muka, kombinasi, dan mode daring atau online. Nah bagi guru yang mengikuti diklat guru pembelajar dengan mode kombinasi (tatap muka + online) dan moda daring full online wajib memiliki akun dan login di web guru pembelajar. Guru Pembelajar sendiri diubah menjadi PKB atau kepanjangan dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Untuk aplikasi onlinenya disebut SIM PKB atau Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Fungsi Utama SIM PKB antara lain untuk mengecek Info GTK, mendaftar dan mengetahui jadwal sertifikasi guru (PPGJ) dan program PKB/Guru Pembelajar itu sendiri serta informasi pelatihan yang bisa diikuti oleh guru.

Adapun alamat yang bisa diakses untuk login SIM PKB tersebut adalah

Atau alamat baru SIM PKB adalah di   https://app.simpkb.id/ atau di http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id

Guru pemiliki akun SIM PKB akan diberikan surat pemberitahuan akun yang berisi user ID dan password akun login guru pembelajar. Jadi peserta GP masuk ke web SIM PKB/ guru pembelajar dan mencari tombol merah login, lalu memasukkan email dan password yang telah dimiliki. seperti gambar di bawah ini


Jika sudah masuk silakan klik Login ) tanda merah pojok kanan atas, kemudian masukkan username dan password yang diberikan.

https://app.simpkb.id/ masuk akun   SIM PKB https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login
Cara Login di SIM PKB 

Jika Sudah masuk ke SIM PKB maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Sebagian besar guru yang masuk ke SIM PKB mungkin ingin melihat Info GTK dan Program PPGJ. Silakan klik pada menu yang dikehendaki.

login SIM PKB 2019 2020  https://app.simpkb.id/ http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id
gambar akun username dan password SIM PKB


cek info gtk sim pkb 2019 2020
SIM PKB Guru


Perlu diketahui guru, bahwa ada 2 alamat web untuk program guru pembelajar ini, pertama sim.gurupembelajar.id fungsinya untuk melihat profil, mengganti foto profil, melihat hasil UKG 2017 (kelompok modul yang sudah didiklatkan di Guru Pembelajar) mengganti password SIM PKB dll. Dibawah ini tampilan setelah kita berhasil masuk di SIM PKB

login SIM PKB 2019  https://app.simpkb.id/
SIM PKB ID
Login di http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id

Untuk memulai kelas atau pembelajaran GP daring silakan raport UKG kita yang merah, lihat yang ada icon bukunya. Arahkan kursor mouse akan muncul di kanannya "Menjadi Peserta Kelas" Klik icon buku (yang dimerah). Maka kita akan diarahkan ke kelas GP.


Login SIM PKB guru 2019 2020
SIM PKB 2020

Untuk mendapatkan username serta password untuk login di SIM PKB ini bisa menghubungi dinas pendidikan setempat  Atau Instruktur Nasional yang akan menjadi mentor para guru sasaran dalam melaksanakan diklat guru pembelajar ini. Atau bisa juga registrasi mandiri. di registrasi akun SIM PKB. Mereka ada yang sudah melaksanakan dan ada pula yang akan melaksanakan pelatihan sebagai mentor /instruktur nasional guru pembelajar. Mereka inilah nantinya yang akan memberikan pelatihan kepada guru peserta diklat guru pembelajar. Termasuk cara login dan mengelola akun di web guru pembelajar tersebut. Lewat Instruktur nasional ini pula nantinya.

Nantinya akun login SIMPKB.ID akan diberikan oleh Dinas Pendidikan setempat, lewat ketua KKG/MGMP atau koordinator komunitas dan Instruktur yang sudah dilatih tadi.

Untuk modul PKP sudah bisa di unduh di link SIM PKB, dimana admin info guru mencoba mencarikan modul-modul tersebut agar bisa dipelajari lebih dulu oleh rekan guru.

INFO GTK di SIM PKB


1. Info GTK di Sim PKB adalah hasil Sinkronisasi dengan Dapodik

2. Sim PKB adalah sim diklat, yang hanya mengubah jenjang dan mapel, jadi abaikan data lainnya, fokus ke INFO GTK, terkait Perubahan Data, ubah di Dapodik atau Verval PTK

3. Nilai UKG jika belum ditahu diisi di Dapodik dengan angka 0 supaya bisa disinkronkan dengan Sim PKB dan dapat melihat Info GTK

4. Untuk melihat harus memakai Akun Sim PKB masing-masing dan merupakan tugas masing-masing individu yang punya login masing2
Login SIM PKB guru 2019 2020 https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login
SIM PKB INFO GTK

5. Admin/Operator Sim PKB Dinas Pendidikan tidak bertanggung jawab atas isi data INFO GTK di Sim PKB Masing-Masing karena itu hasil dari Dapodik. Admin Dinas hanya bertugas untuk manajemen Komunitas dan Diklat serta Reset Pasword pada Sim PKB sehingga tidak bisa menjawab terkait hasil Info GTK di sim PKB...Fokus pada Tugas dan Tupoksi masing2

6. Reset Password SIM PKB bisa dilakukan di Ketua Komunitas atau Op Sim PKB Dinas.


Related Posts