Back To Top

Di Iran, Orang Jelek Dilarang Jadi Guru

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS

Iran melarang guru dengan penampilan buruk untuk mengajar di kelas, termasuk bagi mereka yang berjerawat. Departemen Pendidikan Iran baru-baru ini menerbitkan sebuah daftar yang merinci ratusan penyakit dan kondisi yang harus steril dari setiap pengajar sekolah.


Namun ternyata sebagian besar rincian tersebut berkaitan dengan penampilan fisik. Misalnya, seseorang yang memiliki mata juling, memiliki tahi lalat besar di wajah maupun kondisi kulit seperti jerawat atau eksim wajah tidak diperbolehkan mengajar.

Memiliki bekas luka atau infeksi jamur juga termasuk dalam daftar. Sementara itu gangguan kesehatan lain yang juga termasuk dalam daftar tersebut antara lain, infertilitas wanita, kanker, penyakit ginjal dan buta warna.

Dilansir laman Metro, Jumat, 25 Agustus 2017, daftar tersebut beredar setelah diberitakan oleh kantor berita FARS yang menunjukkan bahwa calon guru menghabiskan lebih banyak waktu menjalani tes kesehatan dibandingkan waktu untuk pelatihan terkait keahlian mengajar.

Banyak pengguna media sosial yang menentang peraturan tersebut dengan alasan bahwa hal itu sangat diskriminatif dan melanggar hak asasi manusia.

Mereka mengatakan, jika aturan itu diimplementasikan, maka orang-orang hebat seperti ilmuwan Stephen Hawking tidak akan bisa mengajar para siswa.

Menanggapi respons ini, seorang penasihat presiden berjanji akan menyelidiki beredarnya daftar tersebut. Sementara juru bicara Departemen Pendidikan juga mengatakan bahwa peraturan yang secara khusus menargetkan wanita tersebut akan dihapus dan daftar lainnya juga akan ditinjau ulang.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,